Berita Pemkab Berau

BPK Lakukan Pemeriksaan Online LKPD Berau, Bupati Minta OPD Siapkan Data-data Terkait

Masih mewabahnya virus Covid-19 dikatakan Muharram menjadi pertimbangan pemeriksaan dilakukan secara online.

HUMASKAB BERAU
Bupati Berau Muharram mengikuti pertemuan secara online dengan jajaran Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (15/4/2020). Pertemuan juga diikuti Wakil Bupati Agus Tantomo serta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di tempat masing-masing. 

TANJUNG REDEB - Pemerintah Kabupaten Berau mengikuti pertemuan secara online bersama jajaran Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (15/4/2020).

Pertemuan diikuti Bupati Berau Muharram dan Wakil Bupati Agus Tantomo serta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait tersebut digelar daring (dalam jaringan) di tempat masing-masing.

Usai mengikuti pertemuan online, Bupati Muharram menjelaskan pertemuan tersebut menindaklanjuti dari penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Tahun 2019 yang telah diserahkan juga secara online diakhir Maret lalu.

Saat ini tim BPK memulai tahapan pemeriksaan yang pada tahap awal akan dilakukan juga secara online.

“Tadi adalah pertemuan awal dan BPK Ri perwakilan Kaltim menjelaskan mekanisme yang akan diikuti dalam pelaksanaan pemeriksaan secara online ini,” jelasnya.

Masih mewabahnya virus Covid-19 dikatakan Muharram menjadi pertimbangan pemeriksaan dilakukan secara online.

Dalam lima hari kedepan akan dilakukan tahapan pemeriksaan, baik dokumen dokumen yang sudah ada pada badan pemeriksa keuangan dan asset daerah (BPKAD) maupun fasilitator dari Inspektorat Kabupaten Berau.

Konfirmasi dari dua OPD ini ditegaskan Muharram akan ditindaklanjuti oleh tim BPK dalam tahapan berikutnya. Sambil melihat perkembangan covid19 di Kalimantan Timur.

“Untuk itu saya berharap kepada OPD terkait, baik BPKAD maupun Inspektorat untuk dapat mengikuti setiap tahapan ini dengan baik, sehingga proses pemeriksaan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya.

Bupati berharap data data yang dibutuhkan dalam proses pemeriskaan ini dapat disiapkan dengan sebaik baiknya apa yang dibutuhkan oleh para auditor. Termasuk dokumen yang memang harus dikirim untuk dapat dipersiapkan dengan baik, agar penilaian dapat diberikan sesuai dengan laporan yang telah dibuat dan disampaikan.

Begitu juga dengan inspektorat yang juga telah melakukan pemeriksaan secara internal untuk membantu memberikan penjelasan kepada tim auditor dari hasil pendampingan yang diberikan kepada setiap OPD.

“Dengan data yang diberikan dan ditambah penjelasan hasil pemeriksaan internal dari Inspektorat kita harapkan ini membantu tim dari BPK dalam melakukan penilaian dari laporan keuangan yang telah disampaikan,” tandasnya.

Termasuk kepada seluruh OPD dijajaran Pemkab Berau diharapkan Muharram juga dapat segera merespon dengan cepat ketika dibutuhkan penjelasan dari tindaklanjut laporan keuangan yang telah disampaikan.

Termasuk ketika diharuskan adanya penilaian lapangan yang dilakukan tim baik melalui teleconference maupun turun langsung ke lapangan untuk dapat mengikuti tahapan yang telah ditetapkan.

“Karena ini adalah pekerjaan rutin dan saya meminta seluruh OPD menindaklanjuti dengan baik,” pungkasnya. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved