Berita DPRD Kalimantan Timur

Meski Sudah 14 Tahapan Dibahas Dewan Periode Lama, Pansus Maloy Bahas Ulang Dari Awal

Diterangkan Jahidin bahwa 17 tahapan tersebut sebenarnya telah dibahas hingga 14 tahapan artinya tersisa 4 tahapan.

HUMAS DPRD KALTIM
Jahidin, Ketua Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi Kawasan Industri Oleochemical Maloy memimpin rapat bersama para anggotanya melalui video conference, Selasa (14/4/2020). 

SAMARINDA - Jahidin, Ketua Panitia Khusus pembahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi Kawasan Industri Oleochemical Maloy,mengatakan bahwa saat ini pansusnya sudah mulai membahas sejumlah tahapan dan rencana kerja.

Hal itu disampaikan Jahidin usai melaksanakan rapat melalui teleconference dengan Anggota pansus, Selasa ( 14/4/2020).

"Pansus Maloy ini pernah dibahas pada periode dewan 2014-2019 lalu yang saat itu diketuai Ibu Rita Artaty Barito, dan dilanjutkan diperiode ini dengan 17 tahapan," ungkap Jahidin.

Diterangkan Jahidin bahwa 17 tahapan tersebut sebenarnya telah dibahas hingga 14 tahapan artinya tersisa 4 tahapan. Dengan tahapan yang telah dilalui tersebut, Jahidin menilai hampir final menuju pada koordinasi di Kementerian untuk pengesahan.

"Namun kendala pada masa itu karena masa bhakti yang hampir habis sehingga tidak mungkin disahkan. Dan mengacu pada peraturan Per Undang-Undangan dan yang terkhusus di tatib DPRD maka pembahasan tetap diulang dari awal," terang Jahidin.

Hal itu sangat disayangkan bagi politisi Karang Paci ini, sebab semestinya tinggal dilanjutkan untuk mengefektifkan waktu dan anggaran. Mengingat setiap tahapan yang dilakukan tentu telah menelan sejumlah anggaran.

"Saya pribadi semestinya tinggal melanjutkan pembahasan, namun sejumlah anggota Pansus yang dominan baru dan hanya satu anggota lama yang pernah dipansus ini mereka mengusulkan untuk dibahas dari awal agar lebih paham," kata Jahidin.

Ditambahkan Jahidin, meski sebelumnya ia tak pernah tergabung dalam pansus ini diperiode sebelumnya. Ia mengikuti dengan baik perkembangan pembahasannya karena saat itu dirinya menjabat sebagai Ketua Badan Pembentukkan Peraturan Daerah DPRD Kaltim.

"Saya pun sebagai Ketua Banperda yang membacakan laporan pertanggung jawabannya di akhir masa jabatan, saya mengukuti perkembangannya," sebut Jahidin.

Untuk diketahui bahwa keanggotaan dalam pansus ini yaitu Wakil Ketua Ali Hamdi, Anggota pansus diantaranya Mahyunadi, Abdul Kadir Tappa, Salehuddin, Veridiana Huraq Wang dan Herliana Yanti. Selain itu Safuad, Seno Aji, Ekti Imanuel, HA Jawad Sirajuddin, Puji Hartadi, Siti Rizky Amalia, Ismail dan Agus Aras. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved