Virus Corona di Kukar

Perangkat Desa Loa Duri Ulu Kukar Cegah Virus Corona, Semprot Desinfektan Hingga Jahit Ribuan Masker

Upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona ( Covid-19 ) tidak hanya dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah pada level kabupaten saja,

TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER D
LAWAN VIRUS CORONA - Masyarakat Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar), bersama relawan gabungan melakukan sejumlah upaya pencegahan penyebaran Covid-19, salah satunya penyemprotan disinfektan, Senin (20/4/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona ( Covid-19 ) tidak hanya dilakukan oleh masyarakat maupunpPemerintah pada level kabupaten saja, namun juga dilakukan hingga tingkat desa.

Hal itu yang dilakukan masyarakat bersama perangkat Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara atau Kukar.

Desa yang memiliki sekitar 8.500 jiwa dari 2.500 Kepala Keluarga ( KK ) ini melakukan sejumlah upaya pencegahan penyebaran Virus Corona dengan membentuk tim yang isinya relawan gabungan bersama perangkat desa.

Aktivitas yang paling sering dilakukan yakni melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap fasilitas umum, rumah ibadah, kendaraan, dan kawasan permukiman warga.

Bahkan, pihaknya juga meminta kepada Ketua RT untuk dapat melaporkan dan mengarahkan warga pendatang ke Kantor Desa untuk dilakukan pendataan, serta pemeriksaan.

Pasokan Daging dan Telur Cukup di Kukar, Diprediksi Harga Naik Mulai Pertengahan Ramadhan

Disperindag Kukar Update Daftar Harga Sembako Tiap Hari, Jadi Acuan Warga Dalam Berbelanja

Pekerja Pertamina EP Field Sangasanga Kukar Ditolak Warga Saat Pandemi Corona, Ini Alasannya

Jika warga tersebut mengalami keluhan gejala Virus Corona, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan Puskesmas Loa Duri untuk penanganan lebih lanjut.

"Sejumlah kegiatan kami lakukan dengan relawan gabungan, mulai dari penyemprotan disinfektan, hingga pendataan warga pendatang," ucap Kepala Desa Loa Duri Ulu, Muhammad Arsad, Senin (20/4/2020).

"Kalau ada warga pendatang, kita minta untuk isolasi terlebih dahulu, dan kalau ada gejala Virus Corona, segera kami koordinasikan dengan Puskesmas Loa Duri," sambungnya.

Bahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan pembahasan mengenai dana desa yang akan dialokasikan sebagian untuk penanganan Virus Corona di Desa.

Sesuai surat edaran yang diterimanya, anggaran dana desa yang diperuntukan bagi penanganan Virus Corona maksimal sebesar 35 persen dan diserahkan kewarga yang berhak melalui BLT (Bantuan Langsung Tunai).

Pasien Positif Virus Corona di Kukar Nol, Bupati Pesan Agar Masyarakat Tak Terlena

Rindukan Tenggarong, Pemain Mitra Kukar Rendy Siregar Harap Wabah Virus Corona Segera Berakhir

20 April PDAM Tirta Mahakam akan Tes Kualitas Air Baku Sungai Merdeka Samboja Kukar

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved