Berita Pmeprov Kalimantan Utara

Pusat dan Pemprov Kaltara Kolaborasikan Bansos untuk Ringankan Beban Warga Terdampak Corona

Penyaluran yang sebelumnya 4 kali setahun (Januari, April, Juli, dan Oktober) menjadi setiap bulan yang akan dimulai dari April ini.

HUMASPROV KALTARA
Grafis Rekapitulasi Program Bansos Warga Terdampak Corona di Kaltara 

TANJUNG SELOR - Penyaluran bantuan sosial oleh pemerintah dan pemerintah daerah telah dilakukan secara baik dan melalui proses pendataan dengan baik sebagaimana terangkum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bantuan sosial ini mencakup beberapa jenis program, baik yang mencakup program bantuan sosial rutin, program bantuan sosial baru, dan program bantuan sosial akibat dampak pembatasan selama pandemi COVID-19 yang digulirkan pemerintah dan pemerintah daerah.

Bantuan sosial program rutin pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Sembako. Sebelumnya pada tahun 2019, program Sembako dinamakan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Pemprov Kaltara juga menggulirkan bantuan serupa dengan indeks Rp 200 ribu per rumah tangga.

Di Provinsi Kaltara, penerima PKH mencapai 12.888 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dengan plafon anggaran sebesar Rp 11.428.300.00. Kemensos akan mempercepat penyaluran bantuan sosial PKH di masa tanggap darurat COVID-19.

Grafis Capaian PKH 2019 di Kaltara
Grafis Capaian PKH 2019 di Kaltara (HUMASPROV KALTARA)

Penyaluran yang sebelumnya 4 kali setahun (Januari, April, Juli, dan Oktober) menjadi setiap bulan yang akan dimulai dari April ini. Pada bulan April hingga Juni, KPM akan menerima 2 kali penyaluran.

“Tahap II yang sejatinya dilakukan bulan April, menjadi disalurkan pertengahan Maret kemarin. Kemudian yang tahap III, yang seharusnya disalurkan pada Juli menjadi April ini dan disalurkan per bulan yang semula disalurkan per tiga bulan. Sehingga selama masa tanggap, KPM PKH mendapatkan manfaat ganda,” kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie.

Tahun ini pemerintah melakukan penyesuaian indeks bantuan sosial pada komponen bantuan tetap dan kesehatan sebagaimana Surat Keputusan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor 02/3/BS.02.01/01/2020 tentang Indeks dan Faktor Penimbang Bantuan Sosial PKH Tahun 2020.

Indeks bantuan Kategori Ibu Hamil dan Kategori Anak Usia 0-6 tahun masing-masing mendapatkan sebesar Rp 3 juta per tahun atau Rp 250 ribu per bulan.

Lima kategori selanjutnya, Anak SD/Sederajat mendapat bantuan Rp 75 ribu per bulan atau Rp 900 ribu per tahun, Anak SMP/Sederajat Rp 125 ribu per bulan atau Rp 1,5 juta per tahun, Anak SMA/Sederajat Rp 166 ribu per bulan atau Rp 2 juta per tahun, Penyandang Disabilitas Berat Rp 200 ribu per bulan atau Rp 2,4 juta per tahun, dan Lanjut Usia 70 Tahun ke Atas Rp 200 ribu per bulan atau Rp 2,4 juta per tahun.

“Lima kategori tadi besaran bantuannya tidak ada perubahan atau masih sama dengan tahun lalu,” tuturnya.

Halaman
1234
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved