Berita Pemkab Berau

Selama Tiga Bulan Penuh, 2.700 KK Warga Berau Non-PKH Akan Terima Bansos Tunai Rp 750 Ribu

akan diberikan bantuan selama tiga bulan penuh, sejak April, Mei dan Juni. Dengan besaran Rp 600 ribu plus Rp 150 ribu dari daerah.

HUMASKAB BERAU
Kepala Dinas Sosial Berau Totoh Hermanto mengkuti rapat online dengan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara pekan lalu. Dalam vicon tersebut disampaikan Kaltim mendapatkan jatah bantuan sebanyak 96.111 KK yang masuk dalam kategori non program keluarga harapan (PKH). Sebanyak 2.700 KK untuk warga Berau. 

TANJUNG REDEB - Kementerian Sosial akan menyalurkan bantuan sosial (Bansos) tunai kepada masyarakat yang terdampak Covid19. Untuk Kabupaten Berau, bantuan tunai ini akan disalurkan kepada 2.700 kepala keluarga dengan besaran Rp 750 ribu.

Disampaikan Kepala Dinas Sosial Berau Totoh Hermanto, rencana bantuan tersebut disampaikan pada saat video conference (vicon) dengan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara pekan lalu.

Dalam vicon tersebut disampaikan bahwa Kaltim mendapatkan jatah bantuan sebanyak 96.111 KK yang masuk dalam kategori non program keluarga harapan (PKH). “Jadi kalau di Berau kita mendapatkan jatah sekitar 2.700 KK non PKH,” jelasnya.

Masyarakat penerima manfaatnya disampaikan Totoh, akan diberikan bantuan selama tiga bulan penuh, sejak April, Mei dan Juni. Dengan besaran Rp 600 ribu plus Rp 150 ribu dari daerah.

“Mereka setiap bulan sudah dapat bantuan dengan besaran Rp 200 ribu yang diambil di Kantor Pos. Tapi karena adanya covid19, pemerintah pusat menambahkan besarannya menjadi Rp 600 ribu. Dan kita tambah lagi Rp 100 ribu. Jadi total bantuan yang diterima nantinya Rp 750 ribu,” ungkapnya.

Selain bantuan dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Kaltim juga akan memberikan bantuan tunai dengan nilai Rp 750 ribu kepada 3000 KK. Masyarakat yang menerima ini berbeda dengan penerima bansos tunai dari Kemensos.

“Jadi ada tiga bantuan yang akan diturunkan nantinya, dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Masingmasing nilainya Rp 750 ribu. Kalau yang dari daerah masih kita lakukan pendataan lagi,” katanya.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang saat ini terdampak wabah covid19.

“Kita harap bantuan ini membantu masyarakat yang kurang mampu dan terdampak langsung virus ini,” pungkasnya. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved