Virus Corona di Kaltim

Komisi IV RDP Dengan Dinkes Kaltim, Tim Medis Kekurangan Masker N95 dan Sulit Dapat Rapid Test

Komisi IV DPRD Kaltim gelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim secara virtual, Senin (20/4/2020).

Komisi IV RDP Dengan Dinkes Kaltim, Tim Medis Kekurangan Masker N95 dan Sulit Dapat Rapid Test
HO DPRD KALTIM
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Elly Hartati Rasyid.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Komisi IV DPRD Kaltim gelar rapat dengar pendapat ( RDP ) dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim secara virtual, Senin (20/4/2020). Salah satu dari empat poin pembahasan ialah seluruh rumah sakit di Kaltim sulit mendapatkan masker N95.

"Dari hasil RDP tadi, sisa stok masker N95 rumah sakit di Kaltim dapat bertahan satu hingga satu setengah bulan ke depan," kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Elly Hartati Rasyid, saat dihubungi pewarta, Senin (20/4/2020).

Poin kedua soal kebutuhan akan rapid test massal, agar dalam pendeteksian dapat dilakukan dengan cepat. "Selain itu, untuk menggelar test massal, rumah sakit juga kesulitan memenuhi kebutuhan rapid test," kata Elly.

Persoalan lain yang dibahas ialah tentang kebutuhan akan alat pemeriksaan virus corona berjenis Polymerase Chain Reaction ( PCR ). Sebab, tanpa PCR proses pemeriksaan akan memakan waktu paling cepat 14 hari, untuk dapat mengetahui hasil test.

Belajar dari Rumah, DPRD Kaltim Akan Realokasi Dana BOS Bantu Guru Honorer dan Murid Kurang Mampu

Komisi I DPRD Kaltim Ingatkan Penyaluran Bantuan Keuangan Dampak Corona Harus Tepat Sasaran

Anggota DPRD Kaltim Minta Bapenda Tetap Beroperasi Optimalkan Penerimaan Pajak

"Karena hasil test swab dari Kaltim, dikirim terlebih dahulu ke Surabaya. Jadi Kaltim harus punya PCR sendiri," kata Elly.

Poin berikutnya, terkait kekurangan APD, termasuk masker N95, serta PCR. DPRD Kaltim menekankan seharusnya Dinas Kesehatan Kaltim dapat menyediakan seluruh kebutuhan tersebut.

"Seharusnya Dinkes sudah bisa melakukan order semua hal tersebut di atas karena dana sudah teralokasi," jelas Elly. (m08)

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Kaltim

(Tribunkaltim.co/Sapri Maulana)

Penulis: Sapri Maulana
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved