Berita Pemkab Kutai Barat

Cegah Corona di Kubar, Jalan Kampung Diportal, Warga Keluar Masuk Didata dan Cek Suhu

seluruh warga masyarakat Kampung Karangan jika tidak memiliki kepentingan mendesak dilarang keluar dari kampung.

HUMASKAB KUBAR
Seorang petugas mengecek suhu badan seorang warga yang keluar dan masuk Kampung Karangan, Kecamatan Mook Manaar Bulatn. Pemerintah Kampung telah memportal jalan menuju kampung mereka untuk mencegah penyebaran corona, Senin (21/4/2020). 

SENDAWAR - Untuk mencegah masuknya Virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kampung mulai sadar kesehatan seperti yang dilakukan, Pemerintah Kampung Karangan, Kecamatan Mook Manaar Bulatn.

Warga memasang portal di pintu masuk Kampung Karangan, sehingga masyarakat dan kendaraan yang masuk maupun keluar kampung didata dan melapor terlebih dahulu, Senin (20/4/2020).

Selain dipasang portal, di pintu masuk juga dibuat pos pemeriksaan kesehatan agar masyarakat yang masuk ataupun keluar betul-betul terdata. Di pos pemeriksaan juga disiapkan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, dan kendaraan yang masuk disemprotkan dengan cairan disinfektan.

Kepala Kampung Karangan Sopyan menjelaskan, pemasangan portal untuk mendukung program pemerintah kabupaten agar masyarakat lebih disiplin untuk di rumah saja. Selain itu dengan adanya portal dan pos penjagaan serta pemeriksaan kesehatan, kita bisa mendata juga tahu jika ada warga yang baru masuk keperluannya apa dan tujuannya kemana.

Sopyan juga menjelaskan, Kampung Karangan sendiri selain dilalui untuk menuju ibukota kecamatan, juga dilewati beberapa kampung, seperti Kampung Sakaq Lotoq, Gunung Rampah, Jengan, Merayaq, Kelumpang, Linggang Marimun, Muara Kalaq dan Muara Batuq.

Selain itu juga ada beberapa perusahaan perkebunan dan tambang juga melewati kampung Karangan, sehingga pendataan dan pemeriksaan perlu dilakukan untuk mencegah wabah virus Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut Sopyan juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kampung Karangan jika tidak memiliki kepentingan mendesak dilarang keluar dari kampung.

"Begitu juga kegiatan pasar malam juga sudah tidak diperbolehkan lagi, itu semua mendukung program pemerintah yang melarang berkumpul dan mengumpulkan banyak orang," terang Sopyan.

Selain itu juga diimbau kepada warga yang sering datang memancing di wilayah Kampung Karangan untuk sementara waktu tidak boleh. Ini semua kita lakukan untuk menja kemungkinan warga dari luar kampung karangan membawa wabah virus Corona dan menularkan ke warga.

Untuk diketahui bersama, jalan yang diportal tersebut terletak di simpang tiga tugu Mook Manaar Bulatn jalan utama masuk kampung Karangan. Adapun keputusan memportal jalan masuk kampung sudah hasil musawarah warga, dan juga dilaporkan kepada Camat, serta diketahui Danramil serta Kapolsek. (adv/hms10/NAW)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved