Berita Pemkab Kutai Barat

Ziarah Kubur Sepi Jelang Ramadhan, Warga Kubar Ikuti Anjuran Pemerintah Cegah Corona

Setiap menjelang Ramadhan 1441 Hijriah, masyarakat Kutai Barat (Kubar) berbondong-bondong melakukan ziarah ke makam

HUMASKAB KUBAR
SEPI - Kegiatan ziarah makam yang biasanya ramai jelang ramadhan, tahun 2020 ini sangat sepi. Seperti terlihat di TPU Muslimin, Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak, Kamis (23/4/2020 terlihat hanya beberapa warga saja. Sebagian besar warga lebih memilih mendoakan keluarganyayang meninggal dari rumah masing-masing, dan kalaupun ada yang tetap ziarah mereka tetap menerapkan physical distancing. 

SENDAWAR - Setiap menjelang Ramadhan 1441 Hijriah, masyarakat Kutai Barat (Kubar) berbondong-bondong melakukan ziarah ke makam keluarga untuk mengirim doa dan sekaligus membersihkan makam.

Namun di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 yang masih terjadi, berbagai pemakaman di wilayah Kubar tidak seramai Ramadan pada 2019 lalu.

"Salah satunya, di tempat pemakaman umum (TPU) Muslimin, Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak," kata Iwan, penggali kubur di TPU tersebut.

Dari pantauan, Kamis (23/4/2020) TPU ini tidak terlalu ramai. Beberapa masyarakat juga lebih memilih mendoakan dari rumah dan tetap menerapkan physical distancing.

Padahal biasanya sehari menjelang Ramadan, TPU tersebut biasanya ramai masyarakat melakukan ziarah makam. Beberapa masyarakat yang pergi berziarah pun, mereka juga tetap menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus ini.

Hal senada dikatakan Andi, salah satu warga Kelurahan Melak Ilir mengatakan ini merupakan tradisi, sebelum memasuki bulan suci Ramadan berkumpul dan berziarah makam keluarga, namun kini tidak dapat dilakukannya karena wabah Corona ini, imbuhnya. (adv/hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved