Aktivitas di Bandara APT Pranoto Masih Normal, Mulai Sabtu 25 April Penerbangan Distop

Meskipun perintah larangan mudik pada Ramadhan 1441 Hijriah atau tahun 2020 ini telah dikeluarkan, namun penerbangan datang dan keluar Bandara APT Pra

TRIBUNKALTIM.CO/M PURNOMO SUSANTO
Salah satu pesawat milik maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara APT Pranoto Samarinda terparkir sebelum melakukan penerbangan. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Meskipun perintah larangan mudik pada Ramadhan 1441 Hijriah atau tahun 2020 ini telah dikeluarkan, namun penerbangan datang dan keluar Bandara APT Pranoto Samarinda, pada Jumat (24/4/2020) masih normal.

Meskipun ada isu Bandara Samarinda Baru ini tutup, namun Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara APT Pranoto Samarinda, Dodi Dharma Cahyadi mengungkapkan, penerbangan di bandara yang dipimpinnya saat ini masih normal seperti biasanya.

“Penerbangan hari ini masih normal seperti hari biasa. Hari ini, bandara akan beroperasi sampai dengan pukul 18.00 WITA,” ujarnya saat dihubungi awak Tribunkaltim.co melalui telepon selularnya, pada Jumat (24/4/2020), siang.

Dodi menjelaskan dalam mendukung upaya pemerintah lewat program larangan mudik 2020, Bandara APT Pranoto Samarinda akan melakukan penghentian sementara penerbangan komersil dan charter.

“Sesuai dengan perintah, penghentian penerbangan mulai Jumat (24/4/2020) hingga Senin (1/6/2020) mendatang. Namun, untuk hari ini penerbangan masih normal seperti biasa sampai pukul 18.00 WITA nanti,” tuturnya.

Adapun penghentian penerbangan untuk sementara waktu, menurut Dodi, akan berlaku efektif pada Sabtu (25/4/2020).

Meskipun jadwal penutupan sementara telah dikeluarkan, Dodi mengatakan, penghentian sementara penerbangan ini bisa diperpanjang.

BACA JUGA:

• 645 Karyawan Perusahaan Mau Masuk Kubar saat Pandemi Corona, Ini Respons Bupati FX Yapan

• Di Mata Najwa, Jokowi Ungkap Perkiraan Kapan Covid-19 Hilang dari Indonesia, Puncaknya Bukan April

• Ada Kelompok Orang Tanpa Gejala Ditakutkan Dinkes Kaltim, 3 Kasus Positif Covid-19 Berasal dari OTG

“Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) RI, Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran covid-19,” tuturnya.

Terkait penerbangan komersil dan carter di Bandara APT Pranoto Samarinda, sebelumnya Dodi membeberkan, jumlah maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara APT Pranoto Samarinda sebanyak 8 maskapai penerbangan.

“Jumlahnya ada 8 maskapai penerbangan. Sehari ada 48 penerbangan. Adapun maskapai di Bandara APT Pranoto Samarinda, yakni maskapai Lion Air, Batik Air, Nam Air, Susi Air, Citilink, Garuda, Wings Air dan, Expresair,” ujarnya. (*)

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved