Berita Pemkab Berau

Distribusikan BLT ke Warga Lewat RT, Pemkab Berau Salurkan Rp 5 Miliar Tahap Pertama

Tahap pertama disalurkan sebesar Rp 5 miliar yang akan difokuskan untuk wilayah kecamatan Tanjung Redeb.

HUMASKAB BERAU
SERAHKAN BLT - Bupati Berau Muharram menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada Camat Tanjung Redeb, Syahrani, usai memimpin rapat terkait pendistribusian BLT kepada masyarakat, di Ruang Pertemuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau, Sabtu (25/4/2020). 

TANJUNG REDEB - Setelah menuntaskan pendataan masyarakat yang berhak untuk menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari dampak pandemi covid-19 di Bumi Batiwakkal.

Pemerintah Kabupaten Berau mulai menyalurkan anggaran bantuan sosial tersebut. Tahap pertama disalurkan sebesar Rp 5 miliar yang akan difokuskan untuk wilayah kecamatan Tanjung Redeb.

Anggaran tunai tersebut diserahkan Bupati Berau, Muharram kepada Camat Tanjung Redeb, Syahrani, usai memimpin rapat terkait pendistribusian BLT kepada masyarakat yang digelar di Ruang Pertemuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau, Sabtu (25/4/2020).

Bupati Berau, Muharram, menjelaskan pertemuan yang turut dihadiri Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, Sekkab, M Gazali, bersama unsur TNI, Polri dan Kejaksaan Negeri Berau, serta Camat dan Lurah di Kecamatan Tanjung Redeb, membahas secara teknis tata cara penyaluran bantuan sosial ini kepada masyarakat.

Dari pertemuan disepakati, anggaran yang telah diterima secara tunai dari pihak bank akan mulai disalurkan dengan tahapan pertama untuk Kecamatan Tanjung Redeb yang terdapat 6 kelurahan.

Anggaran yang telah disiapkan ini selanjutnya akan diserahkan ke masing masing lurah untuk selanjutnya bersama tim yang akan dikawal oleh unsur TNI, Polri serta Dinas Sosial akan mendistribusikan bantuan ini ke masing masing ketua rukun tetangga yang nantinya akan membuat surat pernyataan telah menerima bantuan dari kelurahan.

“selanjutnya dari RT ini dikawal lagi oleh tim untuk door to door langsung ke rumah masyarakat penerima bantuan sosial,” jelasnya.

Hal ini ditegaskan Muharram untuk menghindarikan dari kerumunan masyarakat. Sehingga mereka yang akan mendapat bantuan cukup menunggu di rumah. Ketua RT bersama tim yang akan mendatangi rumah masyarakat dengan membawa bantuan tunai untuk diserahkan.

“Jadi metodenya begitu, masyarakat cukup menunggu di rumah,” jelasnya.

Bantuan ini ditegaskan Muharram juga telah ditetapkan berdasarkan data yang masuk. Data ini juga telah disesuaikan mana yang akan menerima bantuan dari pusat dan juga dari pemerintah provinsi. Sehingga seluruh data sudah dirapikan dan tidak ada yang tumpang tindih dalam menerima bantuan.

“InsyaAllah untuk data sudah dirapikan,” ungkapnya.

Minggu (26/4) kemarin, Bupati Berau Muharram juga secara simbolis menyerahkan bantuan langsung tunai untuk masyarakat di Kecamatan Gunung Tabur dan kecamatan Teluk Bayur. Bantuan ini secara bertahap juga akan disalurkan ke kecamatan lain se Kabupaten Berau.

Sementara itu sejumlah kelurahan di Kecamatan Tanjung Redeb juga sudah mulai mendistribusikan bantuan kepada ketua RT dan diteruskan ke masyarakat penerima. Seperti yang dilakukan di Kelurahan Tanjung Redeb dan Kelurahan Karang Ambun, Minggu (26/4/2020).

Dikawal petugas dari kepolisian dan instansi terkait, Ketua RT menyerahkan langsung bantuan tunai kepad amasyarakat untuk meringankan beban dalam menghadapi pandemic covid-19 yang masih terus terjadi hingga saat ini. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved