Ilmuwan Inggris Prediksi Wilayah IKN Berpotensi Tsunami, Begini Kata BMKG Balikpapan

Setelah beberapa waktu lalu ilmuwan Inggris mengeluarkan hasil laporannya terkait potensi besar tsunami di Teluk Balikpapan yang dekat dengan bakal wi

TRIBUNKALTIM.CO/BELLA EVANGLISTA
Ilmuwan Inggris memperkirakan ada potensi terjadi tsunami di Teluk Balikpapan yang dekat dengan wilayah Ibu Kota Negara (IKN). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Setelah beberapa waktu lalu ilmuwan Inggris mengeluarkan hasil laporannya terkait potensi besar tsunami di Teluk Balikpapan yang dekat dengan bakal wilayah Ibu Kota Negara (IKN), Mudjianto selaku Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, mulai angkat bicara.

"Dari data yang dikeluarkan oleh BMKG, memang terdapat potensi tsunami di sepanjang Pantai Selatan hingga Utara yang dapat bersifat secara langsung atau tidak langsung," ungkapnya.

Mudjianto mengatakan, tsunami bersifat langsung ditimbulkan oleh gempa besar di atas 7 Skala Richter (SR) yang dapat menyebabkan goncangan.

Goncangan inilah yang kemudian menghasilkan gelombang yang masuk hingga daerah pesisir pantai.

"Sedangkan tsunami tidak langsung disebabkan oleh gempa yang terjadi di pusat laut yang menyebabkan salah satu blok kerak samudera naik atau turun. Pergeseran blok inilah yang dapat menyebabkan gelombang tinggi," tambahnya.

Hasil penelitian ilmuwan Inggris tersebut menyebutkan jika terdapat gempa yang melanda Laut Sulawesi atau Selat Makassar, terutama gempa tektonik, dengan kekuatan 7 SR ke atas,

maka akan terjadi pergeseran blok yang akan mengakibatkan perubahan permukaan air laut di pusat epicentrum yang kemudian menyebabkan tsunami, seperti halnya tsunami yang terjadi di Aceh 2004 silam.

Mudjianto menambahkan, untuk kasus tsunami di Palu, September 2018 silam, terjadi setelah getaran gempa sebesar 7,4 SR menyebabkan timbunan sedimen atau karang lapuk di daerah tebing samudera curam mengalami longsor dan menambah volume air laut yang mengakibatkan gelombang besar.

Ibu Kota Baru Tak Aman? Potensi Tsunami di Teluk Balikpapan, Peneliti Dapat Bukti di Selat Makassar

Penelitian Inggris Memperkirakan Adanya Potensi Tsunami Besar di Teluk Balikpapan

Riset Risiko Tsunami Dekat Calon Ibu Kota Baru, Ahli: Tsunami Masa Lalu, Ada yang Belum Terungkap

Selain kedua contoh tersebut, aktivitas vulkanik dasar laut juga bisa menyebabkan erupsi yang mengakibatkan longsor.

"Contohnya adalah longsor yang terjadi di anak Krakatau beberapa waktu lalu," ucapnya.

"Sebenarnya kajian ilmuwan Inggris yang tentang adanya penumpukan sendimen sepanjang Laut Sulawesi hingga Selat Makassar ingin menunjukkan jika terjadi gempa, maka patahan sedimen tersebut bisa menimbulkan tsunami," ucapnya. (*)

Penulis: Bella Evanglista
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved