Breaking News:

Pemprov Kaltim Terima Bantuan 5.000 APD dari Kemenkes, Siap Salurkan ke RS Rujukan

Alat pelindung diri (APD) merupakan salah satu kebutuhan utama petugas medis dalam menangani pasien covid-19 atau Virus Corona. Menanggapi hal terseb

Penulis: Bella Evanglista | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/CAHYO WIDANANTO
Pesawat TNI Angkatan Udara membawa kiriman bantuan 5.000 APD bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk kelima kalinya. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Alat pelindung diri (APD) merupakan salah satu kebutuhan utama petugas medis dalam menangani pasien covid-19 atau Virus Corona.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Kesehatan kembali mengirimkan sejumlah APD untuk provinsi Kalimantan Timur, Selasa (28/4/2020).

"Hari ini kami kembali menerima bantuan sebanyak 5.000 APD atau 100 koli dari Kemenkes," kata Dandim 0905 Balikpapan Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa.

Ia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh provinsi Kalimantan Timur dalam upaya menghentikan penyebaran Virus Corona.

"Ini sudah kelima kalinya Pemprov Kaltim mendapat bantuan APD dari pusat. Selanjutnya APD bagi wilayah lain akan dibagikan oleh Gugus Tugas Penanganan covid-19 provinsi," kata Dirut RSUD Kanujoso Djatiwibowo, Edi Iskandar.

Sebelumnya, Pemprov Kaltim juga sudah menerima bantuan APD berupa handscoon, masker N95 dan sepatu boot yang telah didistribusikan ke seluruh RS rujukan di wilayah Kalimantan Timur.

• Diperkirakan Virus Corona Berakhir di Indonesia pada 7 September 2020, Lebih Lambat dari Amerika

• Akibat Pandemi Virus Corona di Balikpapan, 5.434 Karyawan Dirumahkan dan 987 Orang di PHK

• Pingsan di Pinggir Jalan, Seorang Gadis Dikira Tertular Corona, Ternyata Baru Diputusin Pacar

"Seharusnya dengan bantuan ini, semua kebutuhan APD di setiap RS rujukan telah terpenuhi. Karena untuk saat ini, kita sudah rutin mendapatkan bantuan APD tiap minggu," imbuhnya.

Ia mengatakan, jika terjadi lonjakan pasien covid-19, RS rujukan dapat mengajukan bantuan APD tambahan ke Dinkes atau Gugus Tugas Penanganan covid-19 provinsi Kalimantan Timur.

"Untuk saat ini kita memiliki deposit APD di gudang Pemprov. Seluruhnya akan kita gunakan sebaik mungkin, sehingga tidak ada kekurangan bagi tim medis di seluruh wilayah provinsi," ujarnya. (*)

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Balikpapan

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved