Virus Corona di Kukar

Antisipasi Virus Corona, Babinsa TNI AD di Tabang Kukar Kembangkan Alat Sterilisasi Uang

Di Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ), Provinsi Kalimantan Timur terdapat terdapat alat sederhana yang berfungsi sebagai tempat sterilisasi uang

HO/PENREM 091 ASN
Box sterilisasi uang dari virus Corona dibuat dan dikembangkan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Tabang Dim 0906/Tenggarong, Kalimantan Timur, Rabu (29/4/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau covid-19 dilakukan oleh hampir seluruh kalangan, tidak terkecuali prajurit TNI Angkatan Darat (AD).

Di Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ), Provinsi Kalimantan Timur terdapat terdapat alat sederhana yang berfungsi sebagai tempat sterilisasi uang dari virus Corona yang diberi nama box sterilisasi.

Box sterilisasi itu dibuat dan dikembangkan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Tabang Dim 0906/Tenggarong, Serda Nurdin.

Ide membuat box sterilisasi itu muncul karena dinilai virus Corona dapat juga menyebar melalui perantara uang yang dipegang warga lain ke warga lainnya.

BACA JUGA:

 BREAKING NEWS Positif Corona di Penajam Paser Utara Bertambah Satu, Pasien Transmisi Lokal Kedua

 Bandara APT Pranoto dan Bandara SAMS Ditutup, Para Sopir Travel di Bontang jadi Pengangguran

 Larangan Mudik Disambut Baik Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Pemkot Segera Perketat Akses Darat

Pengembangan dan pembuatan box sterilisasi uang ini nantinya akan digunakan disemua pasar tradisional yang ada diwilayah Kukar, sebagai bentuk upaya Kodim 0906/Tenggarong dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Box sterilisasi uang ini terdiri dari tiga komponen utama, yakni rak, pemanas dan pengatur suhu. Proses pembuatannya pun tergolong tidak susah, pertama buat kotak dengan ukuran 40 x 20 x 15 Cm.

Setelah itu, setiap sisinya dilapisi dengan aluminium foil yang berfungsi sebagai pemantul panas.

Lalu, rangkai ketiga bohlam lampu sebagai sumber panas dengan dasar kasa untuk tempat uang dan yang terakhir atur suhu pada 80 derajar celcius.

Serda Nurdin menjelaskan, berdasarkan penelitian lembaga biologi molekuler, diyakini virus Corona akan mati pada suhu 56 derajat celcius dalam waktu 30 menit.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Budi Susilo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved