Berita Pemkab Kutai Timur

Satu Lagi Terkonfirmasi Positif, Pasien Covid-19 di Kutim Genap 18 Orang

kemudian menunjukkan gejala. Dari delapan itu, dua dinyatakan non reaktif saat dilakukan rapid test. Sedangkan enam reaktif. Namun, satu tidak menunju

Tribun Kaltim/Margaret Sarita
Kadis Kesehatan Kutai Timur, dr Bahrani Hasanal 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Satu lagi pasien terkonfirmasi positif bertambah di Kabupaten Kutai Timur. KTM 18, sesuai dengan jumlah angka pasien positif yang ada di Kutim. Hal ini diungkapkan Kadinkes Kutim, dr Bahrani Hasanal, Rabu (29/4/2020).

KTM 18 ini menurut Bahrani adalah istri dari KTM 13, pelaku perjalanan ijtima Gowa asal Kecamatan Muara Wahau. Dengan adanya KTM18, lengkap sudah satu keluarga terkonfirmasi positif Covid-19.

Mulai dari anak yakni KTM 9 dan KTM 10, suami KTM 13 dan sang istri, KTM 18. “Semuanya sudah dirawat di RSUD Kudungga Sangatta dan berada di dalam ruang isolasi,” ungkap Bahrani.

Sebelumnya, KTM 18 sudah dibawa ke RSUD Kudungga Sangatta, bersama delapan warga pelaku perjalanan Gowa oleh warga Kecamatan Muara Wahau. Mereka sudah melewati masa isolasi mandiri.

Namun, kemudian menunjukkan gejala. Dari delapan itu, dua dinyatakan non reaktif saat dilakukan rapid test. Sedangkan enam reaktif. Namun, satu tidak menunjukkan gejala, sehingga diperbolehkan pulang.

Bupati Berau Beberkan Tak Ada Penerima Bantuan Langsung Tunai di Kampung Biatan Ilir

Dealer Resmi Mitsubishi di Balikpapan Serahkan Bantuan APD kepada Walikota buat Petugas Medis

Berikut Kriteria Pengguna Kendaraan yang Boleh Mudik di Tengah Pandemi Covid-19

“Ini mereka yang menunjukkan gejala. Suami istri. Saat itu, kita lakukan tes swab di laboratorium Kemenkes di Suarabaya. Namun, karena antre, hasilnya baru keluar tadi pagi,” kata Bahrani.

Ia, kata Bahrani dirujuk ke RSUD Kudungga, pada 14 April lalu, untuk diisolasi dengan keluhan batuk berdahak sejak 7 April 2020. Hasil rapid test menunjukkan reaktif.

Kemudian 16 hingga 18 April tim medis melakukan pengambilan sampel swab dan hasilnya dikirim hari ini, ternyata terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari data Covid-19 Kabupaten Kutai Timur yang dirilis Diskominfo Perstik Kutim di laman corona.kutaitimurkab.go.id, tercatat, 18 orang terkonfirmasi positif di Kutai Timur. Namun dua di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat, sebanyak 35 orang. Dari jumlah itu, sembilan orang dinyatakan negative dan delapan masih menunggu hasil tes swab.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga hari ini tercatat 438 orang. Namun, sebanyak 386 di antaranya sudah memasuki masa selesai pemantauan. Tersisa 52 orang saja lagi.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/sar)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved