Berita Pemkab Berau

Bupati Kembali Salurkan BLT, Sebesar Rp 3,1 Miliar untuk 4 Kecamatan Pedalaman-Terluar di Berau

Bantuan langsung diterima camat dan diserahkan lagi kepada kepala kampung yang akan menindaklanjuti dengan meneruskan ke ketua RT

HUMASKAB BERAU
PENYERAHAN BLT - Bupati Berau Muharram foto bersama usai menyerahkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar total Rp 3,1 miliar kepada empat kecamatan di wilayah pedalaman dan terluar Kabupaten Berau, Rabu (29/4/2020). Yakni Camat Segah, Kelay, Pulau Derawan dan Maratua di Ruang Tangguh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. 

TANJUNG REDEB - Setelah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk kecamatan kawasan perkotaan dan kecamatan wilayah pesisir selatan.

Pemerintah Kabupaten Berau melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (29/4/2020), menyalurkan BLT untuk empat kecamatan yang berada di wilayah pedalaman dan kepulauan.

BLT dengan anggaran sebesar Rp 3,1 miliar diserahkan langsung Bupati Berau, Muharram, kepada Camat Segah, Kelay, Pulau Derawan dan Maratua, dengan disaksikan masing masing kepala kampung yang juga akan langsung menyalurkan bantuan sosial dari dampak wabah covid-19 tersebut kepada masyarakat. Penyerahan secara simbolis digelar di Ruang Tangguh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau.

Bupati Berau, Muharram, menjelaskan penyaluran bantuan langsung tunai ini sama dengan yang telah dilaksanakan di beberapa kecamatan. Bantuan langsung diterima camat dan diserahkan lagi kepada kepala kampung yang akan menindaklanjuti dengan meneruskan ke masing masing ketua RT di wilayahnya.

Para ketua RT yang akan menyalurkan bantuan langsung tunai ini kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak harus keluar rumah. akan tetapi ketua RT yang didampingi petugas keamanan dari TNI, Polri maupun pihak pemerintah kampung datang ke setiap rumah warga penerima bantuan.

“Teknisnya sama seperti kecamatan lain, dari penyerahan ini langsung dari camat kepada ke kampung yang nanti akan meneruskan kepada ketua RT untuk membagikan kepada yang menerima,” ungkapnya.

Setelah penyaluran ditahap pertama ini, dijelaskan Muharram akan ada lagi penyaluran pada tahap kedua untuk bulan Mei mendatang. Jika dari proses penyaluran ditahap pertama ini masih ada masyarakat yang kurang mampu belum terdata.

Maka ketua RT melalui kelurahan dan kampung diminta untuk melakukan pendataan dan mengajukan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebagai penerima bantuan langsung tunai. Mereka yang memang berhak untuk dibantu namun belum terdaftar pada tahap pertama ini akan diberikan bantuan pada tahap kedua Mei mendatang. Bahkan bantuan yang diberikan juga sama.

“Misalnya si A, berstatus warga kurang mampu dan selayaknya dapat, tapi belum terdaftar saat ini, dan bulan Mei baru terdaftar, maka yang bulan April nanti juga akan dibayarkan di bulan Mei,” jelasnya.

Pemkab Berau dikatakan Muharram mengalokasikan anggaran untuk bantuan langsung tunai bagi masyarakat kurang mampu terdampak pandemic covid-19 untuk dua kali penyaluran atau dua bulan. Muharram berharap wabah virus corona ini segera berlalu sehingga aktivitas dan perekonomian masyarakat akan kembali berjalan dengan baik. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved