Di Tengah Pademi Virus Corona, Guru Honorer dan Tenaga Kependidikan di Kukar Harap Dapat THR

Guru honorer dan tenaga kependidikan yang tergabung dalam Forum Guru Honorer dan Tenaga Kependidikan (FGHTK), Kukar berharap mendapat THR

TribunKaltim.Co/Nevrianto Hardi Prasetyo
ILUSTRASI - Guru honorer mengajar ilmu komputer dan informatika di SMKN 1 Samarinda beberapa waktu lalu (14/1/2016). 

TRIBUNKALTIM.CO,TENGGARONG - Guru honorer dan tenaga kependidikan yang tergabung dalam Forum Guru Honorer dan Tenaga Kependidikan (FGHTK), Kabupatan Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur berharap memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR).

Pada masa pandemi Virus Corona saat ini, pihaknya tetap berharap agar Pemkab Kukar tidak melupakan para guru honorer dan tenaga kependidikan, yang terdiri dari penjaga sekolah, teknisi komputer, dan administrasi.

"THR dan insentif terus kami suarakan di tengah kondisi seperti ini. Selama ini kami tidak pernah ditanya apakah terdampak atau tidak, ya sangat terdampak," tegas Ketua FGHTK Kukar, Ambo Alang, Kamis (30/4/2020).

Ia menjelaskan, saat ini guru honorer hanya mengharapkan insentif senilai Rp 1.100.000, namun menurutnya dengan nilai tersebut kerap tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup, terutama bagi yang telah berkeluarga.

"Kalau saya, uang ini untuk bayar listrik, air, air minum, jajan anak-anak, totalnya bisa mencapai Rp 950 ribu. Sisanya tentu tidak cukup buat keperluan rumah tangga," tuturnya.

Baca Juga

Fakta Gaji ke-13 PNS, TNI, Polri Diundur dan Pencairan THR 2020, Berikut Penjelasan Kemenkeu

Tanggal Pencairan THR PNS TNI/Polri dan Nasib Gaji ke-13, Besaran THR Jauh Berbeda dengan Tahun Lalu

Bupati Kutai Timur Jamin 35.000 Karyawan Swasta tak Kena PHK Akibat Wabah Covid-19, Semua Dapat THR

Dirinya berharap dengan adaya kenaikan insentif dan pemberian THR bisa mengurangi beban guru honor. Namun usulan tersebut sejak 2018 sampai sampai saat ini belun juga terealisasikan.

"THR ini sudah kami usulkan sejak 2018, proposalnya sudah diterima oleh Ketua DPRD dan Komisi IV, PGRI dan Disdik, tapi belum ada tanggapan," ucapnya yang telah 13 tahun menjadi honorer.

"Tahun lalu di Kaltim yang sudah dapat THR, Bontang, Samarinda dan Balikpapan. Semoga honorer di Kukar tahun ini bisa merasakan THR seperti daerah lain," harapnya. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved