Breaking News:

Dunia Pendidikan di Tengah Wabah Corona

KEBERHASILAN suatu negara menangani Pandemi Covid19 sangat tergantung pada proses edukasi yang berlangsung bagi masyarakat luas.

Tribunkaltim.co/HO Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. 

Oleh: Dr.Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP
Wakil Ketua Komisi X DPR RI/Anggota DPR RI dari Dapil Kalimantan Timur

TRIBUNKALTIM.CO - KEBERHASILAN suatu negara menangani Pandemi Covid19 sangat tergantung pada proses edukasi yang berlangsung bagi masyarakat luas.

Jika masyarakat mendapatkan edukasi yang baik dan komprehensif mengenai virus tersebut, kemungkinan besar penyebarannya dapat segera dihentikan.

Sebaliknya, jika masyarakat tidak mendapatkan informasi yang cukup, bahkan percaya dengan berita bohong yang bertebaran, usaha penangananpun bisa terhambat secara signifikan.

Dalam hal ini, satuan pendidikan berperan penting dalam proses edukasi bagi anakanak maupun orang tua. Dengan banyak beredarnya informasiinformasi yang tidak jelas kebenarannya, satuan pendidikan dapat menjadi corong bagi penyebaran informasi yang akurat.

Sekolah, universitas, beserta para pendidik dapat menjadi pihak yang memilahmilah pengetahuan serta ikut menjadi agen yang mensosialisasikan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat.

Di sisi lain, terdapat perbedaan pendapat mengenai bagaimana satuan pendidikan harus beroperasi di kondisi seperti saat ini. Sebagian berpendapat sekolah perlu diliburkan, sebagian lagi tidak menyetujuinya dengan berbagai alasan.

Pandemi Virus Covid-19, Anggota DPR RI Dapil Kaltim Hetifah Sjaifudian Apresiasi Aksi Belajar Online

Bahas Omnibus Law, Hetifah Sjaifudian Beber Pertemuan Airlangga Hartarto dan SBY, Target Cipta Kerja

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI Jumat 1 Mei 2020, Konser Endah N Rhesa Untuk Siswa SMA/SMK

Salah satunya adalah anak dianggap memiliki sistem ketahanan tubuh yang masih kuat dan tidak terkena Corona.

Meski demikian, menurut saya, jalan yang paling aman harus kita ambil untuk generasi muda kita. Lebih baik mengantisipasi secara berlebihan, daripada kekurangan dan mengakibatkan melayangnya nyawa.

Kita harus melindungi dan memastikan anakanak kita tetap sehat dan aman di tengah pandemi. Apalagi, meski berbadan sehat, anakanak tetap bisa menjadi carrier dan menyebarkan virus ke orangorang di sekitarnya.

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved