Berita Pemkab Kutai Barat

Pemkab Kubar Tidak Tinggal Diam, Bantu Warga Terdampak Corona Salurkan 150 Ton Beras

Secara simbolis bantuan diserahkan Bupati Kutai Barat FX Yapan bertempat di BPU Kecamatan Damai, Kamis (30/4/2020).

HUMASKAB KUBAR
BANTUAN BERAS - Bupati Kutai Barat FX Yapan foto bersama usai menyerahkan secara simbolis bantuan beras Pemkab Kubar untuk warga terdampak Corona di Kecamatan Damai, Muara Lawa, Siluq Ngurai, Bentian Besar dan Nyuatan. Bantuan diserahkan di BPU Kecamatan Damai, Kamis (30/4/2020). 

SENDAWAR - Penyerahan secara simbolis bantuan beras Pemkab Kutai Barat untuk warga terdampak wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di Kecamatan Damai, Muara Lawa, Siluq Ngurai, Bentian Besar dan Nyuatan.

Secara simbolis bantuan diserahkan Bupati Kutai Barat FX Yapan bertempat di BPU Kecamatan Damai, Kamis (30/4/2020).

Sementara untuk kecamatan lain sudah diberikan oleh Bupati di BPU Kelurahan Barong Tongkok, dan Wakil Bupati Edyanto Arkan di halaman Kantor Camat Melak, Rabu, (29/4/2020).

Dalam arahannya Bupati berharap pemberian bantuan beras 149.970 Kg kepada 14.997 KK di 16 kecamatan se-Kutai Barat ini dapat membantu pemenuhan kebutuhan pangan di tengah bencana Corona.

Kalaupun ada keterlambatan bantuan karena butuh proses. Jangan sampai niat kita baik tetapi melanggar prosedur yang telah ditetapkan.

"Penyaluran bantuan ada mekanismenya, data harus akurat, administrasi harus jelas, serta disertai bukti dokumentasi, sehingga nantinya kita tidak bersentuhan dengan hukum," tuturnya.

Selanjutnya, terkait penanganan Covid-19, Pemkab Kubar setiap saat terus meningkatkan responsif dan tanggap serta peduli dan ini dinyatakan dengan selalu melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap perkembangan data, informasi bahkan meningkatkan jejaring kerja dan jejaring komunikasi dengan seluruh elemen terkait.

Perolehan data dan laporan terus di susun dan disampaikan terkait keadaan Kutai Barat khususnya ditengah-tengah bencana global ini. Menurut Yapan, bencana wabah virus Corona sangat berdampak terhadap seluruh segi kehidupan.

Salah satu yang menjadi perhatian kita bersama kemampuan daya beli masyarakat saat-saat seperti ini. Tidak bisa kita pungkiri seluruh lini sektor merasakan imbas termasuk perekonomian rakyat.

Oleh sebab itulah yang menjadikan satu alasan bagi Pemkab Kutai Barat menyusun, merencanakan, melaksanakan program yang arahnya meringankan beban perekonomian masyarakat yang dalam kondisi pra sejahtera yang dalam kesempatan ini adalah dengan pemberian beras 10 Kg untuk masing-masing KK yang terdampak seluruh Kabupaten Kutai Barat.

Kepala Dinsos Kubar Ampeng menjelaskan bantuan yang akan diserahkan kepada 16 kecamatan se Kutai Barat. Selama ini data warga yang menerima bantuan sudah melalui verifikasi baik dari tingkat RT. Kampung dan Kecamatan selanjutnya diserahkan ke Dinas Sosial untuk diproses, ucapnya.

Ditambahkan, penyaluran bantuan ini harus sesuai prosedur protokol penanganan Covid-19, dari kabupaten didistribusikan ke kecamatan, langsung dijemput oleh petinggi dan relawan selanjutnya di salurkan kepada yang berhak, sesuai data dan tepat sasaran, secara teknis penyaluran beras ini pun harus tertib tidak berkerumun saya harap tetap jaga jarak.(adv/HMS36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved