PLN UIP Kalbagtim

Ingin Beraktvitas di Bawah SUTT 150 KV, Begini Penjelasan PLN UIP Kalbagtim

Dengan adanya SUTT ini diharapkan daya yang dihasilkan oleh pembangkit – pembangkit listrik dari Kabupaten Bulungan seperti PLTMG Tanjung Selor, PLTU

HO - PLN UIP Kalbagtim
Pada gambar berikut terlihat bahwa SUTT berada pada tingkat radiasi paling rendah jika dibandingkan dengan telepon rumah, kamera, televisi, rongsen, bahkan radiasi handphone lebih tinggi daripada SUTT. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) adalah saluran tenaga listrik yang menggunakan kawat di udara dengan tegangan antara 35 kV sampai dengan 230 kV yang bertujuan untuk mengalirkan arus listrik dari suatu daerah ke daerah lainnya.

Saat ini di Kabupaten Berau tengah dilaksanakan pekerjaan pembangunan SUTT 150 kV Tanjung Redeb – Tanjung Selor yang bertujuan untuk mengintegrasi sistem kelistrikan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dengan Kabupaten Bulungan, di Kalimantan Utara.

Dengan adanya SUTT ini diharapkan daya yang dihasilkan oleh pembangkit – pembangkit listrik dari Kabupaten Bulungan seperti PLTMG Tanjung Selor, PLTU Sekayan, dan PLTMG Megah Energi Khatulistiwa dapat dialirkan ke Kabupaten Berau untuk membantu sistem kelistrikan Kota Batiwakkal.

Banyak dugaan menyatakan bahwa beraktivitas di bawah SUTT tidak aman bagi kesehatan manusia yang diakibatkan oleh adanya medan magnet dan medan listrik yang dihasilkan.

Berikut ini 10 Istilah yang Sering Diucapkan Pramugari Selama Penerbangan, Jarang Diketahui

Kisah Karier Didi Kempot, dari Ngamen Hingga Manggung di Eropa, Stasiun Balapan Jadi Lagu Legendaris

Ternyata Menjaga Wudhu Miliki Keutamaan & Manfaat, Salah Satunya Mendatangkan Cahaya di Hari Kiamat

BREAKING NEWS Tambahan Kasus Positif Covid-19 di Kota Tarakan, Satu Pasien Orang Karang Anyar

Apakah benar demikian?

PT PLN (Persero) UIP Kalbagtim melaksanakan pembangunan dengan mengikuti Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2015 beserta perubahannya yang diatur dalam PERMEN ESDM Nomor 2 Tahun 2019, tentang penetapan ruang bebas berupa jarak bebas minimum vertikal dari konduktor/ kabel dan jarak bebas dari sumbu vertikal menara/ tiang pada SUTT, SUTET dan SUTTAS.

Pada SUTT 150 kV jarak bebas minimum vertikal konduktor ditentukan sesuai lokasi atau penempatan posisi kabel dari permukaan dibawahnya, contohnya SUTT 150 kV pada lapangan terbuka memiliki ketinggian ruang hingga 8.5 meter, namun untuk daerah dengan keadaan tertentu seperti bangunan rumah maupun gedung, ruang bebas yang terbentuk dari atap gedung bangunan terhadap konduktor/ kabel diatasnya harus setinggi 5 meter.

Dalam pelaksanaan pembangunan instalasi ketenagalistrikan PLN wajib memenuhi prosedur keamanan bagi keselamatan manusia dan keamanan bagi instalasi ketenagalistrikan.

Ruang Bebas dan jarak Bebas diatur untuk mengakomodir keamanan terhadap medan listrik dan medan magnet. Medan listrik adalah ruang di sekitar benda bermuatan listrik dimana benda – benda bermuatan listrik lain akan merasakan atau mengalami gaya listrik.

Sementara medan magnet adalah daerah yang ada di sekitar magnet dimana objek magnetik lain dapat terpengaruh oleh gaya magnetnya.

Pada gambar berikut terlihat bahwa SUTT berada pada tingkat radiasi paling rendah jika dibandingkan dengan telepon rumah, kamera, televisi, rongsen, bahkan radiasi handphone lebih tinggi daripada SUTT.
Pada gambar berikut terlihat bahwa SUTT berada pada tingkat radiasi paling rendah jika dibandingkan dengan telepon rumah, kamera, televisi, rongsen, bahkan radiasi handphone lebih tinggi daripada SUTT. (HO - PLN UIP Kalbagtim)

Medan listrik dan medan magnet termasuk kelompok radiasi non peng-ion. Radiasi ini relatif tidak berbahaya, berbeda dengan radiasi jenis peng-ion seperti radiasi nuklir atau radiasi sinar rontgen.

Di dalam rumah kita terdapat medan listrik dan medan magnet buatan yang berasal dari instalasi dan peralatan listrik antara lain: sistem instalasi dalam rumah, lemari pendingin, AC, kipas angin, pompa air, televisi, dan komputer.

Pembangunan SUTT di Kabupaten Berau tetap mengikuti peraturan yang berlaku untuk memastikan keamanan masyarakat yang beraktivitas di bawahnya. Pada gambar berikut terlihat bahwa SUTT berada pada tingkat radiasi paling rendah jika dibandingkan dengan telepon rumah, kamera, televisi, rongsen, bahkan radiasi handphone lebih tinggi daripada SUTT.

Pada sistem instalasi yang bertegangan selalu timbul medan listrik. Tetapi medan listrik ini sudah melemah karena jaraknya cukup jauh dari kabel konduktor SUTT. Dari penjelasan dan ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa beraktivitas di bawah SUTT aman dengan tetap memperhatikan faktor keamanan lainnya. (dha)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved