Virus Corona

Cerita 16 Bulan Gaji Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin Disumbang Buat Penanganan Corona

Program pengetatan sosial demi cegah Corona pun diterapkan. Walikota dan DPRD di Porbolinggo ikut turun tangan.

KOMPAS.COM
Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menyumbangkan seluruh gajinya sejak menjabat sebagai wali kota untuk digunakan menangani dampak sosial covid-19. 

TRIBUNKALTIM.CO, PORBOLINGGO - Pandemi Corona menerpa seluruh dunia termasuk melanda hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Pemerintah berupaya untuk tangani wabah covid-19 ini, berbagai upaya dilakukan. 

Program pengetatan sosial demi cegah Corona pun diterapkan. Walikota dan DPRD di Probolinggo ikut turun tangan, caranya sumbangkan gajinya untuk penanganan pandemi Corona ini. 

Kali ini Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menyumbangkan seluruh gajinya sejak menjabat sebagai wali kota untuk digunakan menangani dampak sosial covid-19. "Gaji saya Rp 6.224.000 tiap bulan. Saya digaji sebagai wali kota sejak bulan Februari 2019.

 Balikpapan Ajukan PSBB, Gubernur Kaltim Setuju, Isran Noor: Saya Kira Memang Sebuah Kewajaran

 34 Tenaga Medis Puskesmas Long Ikis Positif Corona, DPRD Paser Usul Mereka Dibawa Saja ke Grogot

 Pandemi Corona, Mahakam Ulu Terapkan Kebijakan Penutupan Wilayah, Kadinkes Mahulu Beberkan Alasannya

Gaji saya sejak awal menjabat sampai sekarang saya sumbangkan untuk penanganan corona," kata Hadi kepada Kompas.com di kantor DPC PKB, Kamis (7/5/2020). 

Jika dihitung, mulai Februari 2019 hingga Mei 2020, berarti 16 bulan gaji wali kota yang akan disumbangkan.

Hadi menunjukkan rincian gajinya tiap bulan yang terdiri dari gaji pokok, tunjangan, dan setelah dipotong pajak bersih totalnya Rp 6.224.000.

"Iya, hitung sendiri. Saya sumbangkan karena jabatan saya jabatan politik dan dipertanggungjawabkan kepada publik, maka langkah ini saya sampaikan kepada publik," ujar Hadi yang didampingi Ketua DPRD Abdul Mujib dan 4 anggota dewan PKB lainnya. 

Hadi yang juga Ketua DPC PKB Kota Probolinggo menambahkan, enam anggota DPRD dari Fraksi PKB juga sepakat menyisihkan masing-masing gajinya Rp 5 juta mulai Januari-Mei 2020.

Langkah ini diambil karena saat inilah momen kepedulian dan berbagi dilakukan. Sumbangan gaji darinya dan anggota dewan PKB akan disumbangkan kepada masyarakat berupa sembako.

Data penerima sumbangan tersebut sudah dikantongi partai dan tinggal dilaksanakan. Sumbangan juga akan diberikan juga kepada warga terdampak yang diberitakan media.

Menurutnya, PKB punya berkomitmen terhadap masalah ini. Sebab, PKB saat ini berada di eksekutif dan legislatif. "Karena saya yang menjabat wali kota dari PKB. Ketua DPRD-nya juga PKB. Maka kita harus memulai gerakan ini," tambahnya.

Walikota Probolinggo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Walikota Probolinggo: Gaji Sejak Awal Menjabat Saya Sumbangkan untuk Penanganan covid-19", https://regional.kompas.com/read/2020/05/07/12222471/wali-kota-probolinggo-gaji-sejak-awal-menjabat-saya-sumbangkan-untuk?page=all#page3.

Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved