Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Terima Hibah hanya Rp 2 Miliar-3 Miliar, Akbar: Meski Minim Anggaran, KPID Kaltim Tetap Bekerja

Menurutnya, sejak Tahun 2015 – 2020 hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim kisaran Rp 2 – Rp 3 miliar.

HUMAS DPRD KALTIM
KPID KALTIM - Komisi I DPRD Kaltim menggelar rapat dengar pendapat dengan mitra kerjanya, Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Kaltim, Rabu (6/5/2020). 

SAMARINDA - Walaupun mendapatkan hibah anggaran yang minim dari pemerintah Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Timur mengaku tetap bekerja menjalankan tugas dan kewajiban sebagai lembaga pengawas siaran.

Hal itu dikatakan Ketua KPID Kaltim Akbar Ciptanto pada rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPRD Kaltim, Rabu (6/5/2020).

Menurutnya, sejak Tahun 2015 – 2020 hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim kisaran Rp 2 – Rp 3 miliar.

“Anggaran tersebut diperparah dengan masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan terjadinya pengurangan yakni pada kisaran Rp 2,5 miliar yang terpagi untuk belanja langsung Rp 74,100,000 dan tunjungan komisioner dan honor TAD Rp 2,425,900,” jelas Akbar didampingi sejumlah komisioner seperti Bawon Kuatno, Andi Muh Abdi, Irwansyah, Hendro Prasetyo, Yovanda Noni dan lainnya.

Padahal, idealnya menurut dia anggaran yang diperlukan untuk memaksimalkan kinerja KPID adalah sebesar Rp 10 miliar. “Dengan anggaran yang ada sekarang memang fokus bagaimana memanusiakan manusia artinya dengan menyamakan standar honor pegawai dengan pegawai kontrak provinsi,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin meminta semua pihak agar memahami di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang semua lembaga pemerintah maupun swasta harus merombak abis pengeluaran anggaran.

“Saya minta semua bisa memahami karena fokus anggaran pada penanganan virus corona, termasuk DPRD juga harus merombak ulang semua program kerja dan pengeluaran. Ini juga berlaku untuk lainnya,” ujar Jahidin didampingi Agiel Suwarno dan Rima Hartati Ferdian.

Kendati demikian, pihaknya akan memperjuangkan agar Tahun 2021 KPID mendapatkan porsi anggaran yang mendekati ideal agar bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dalam menjaga lembaga penyiaran menyajikan siaran yang layak dan mengandung unsur edukasi kepada masyarakat. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved