Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Pemkab Kubar Dukung Pengembangan Pisang untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Coba nanti Distan Kubar bisa dikembangkan kembali daerah‑daerah penghasil pisang itu dan turun ke lapangan untuk mengetahui kendala di masyarakat

HUMASKAB KUBAR
BUDIDAYA PISANG - Wabup Kubar Edyanto Arkan bersilaturahmi masyarakat di Kampung Muara Jawaq, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, pada Safari Ramadan di Kampung Muara Jawaq tahun lalu (sebelum wabah Corona). 

SENDAWAR ‑ Kutai Barat (Kubar) dikenal dengan penghasil‑penghasilkomoditi, salah satunya pisang. Dalam pengembangan pisang ini, Pemkab Kubar siap mendukung pengembangan budidaya pisang. Hal ini merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Coba nanti Distan Kubar bisa dikembangkan kembali daerah‑daerah penghasil pisang itu dan turun ke lapangan untuk mengetahui kendala di masyarakat,” kata Wabup Kubar Edyanto Arkan pada penyerahan bantuan pertanian dan perkebunan secara simbolis kepada masyarakat petani Kubar, di Kantor Distan Kubar,Barong Tongkok.

Setelah itu, tolong dikelola kendala itu dalam suatu kegiatan demonstrasi plot (Demplot), sehingga dapat diketahui permasalahannya yang mendasar dari satu daerah yang tadinya dikenal sebagai daerah penghasil pisang, sekarang tidak menghasilkan pisang lagi.

 
“Mudah‑mudahan beberapa daerah yang berada dipinggiran Sungai Mahakam yang dulunya dikenal sebagai daerah penghasil pisang, kembali menanam pisang,”tambahnya.

Pohon pisang itu banyak manfaatnya. Buahnya bisa dijual dan dibelikan makanan bergizi atau aneka kebutuhan lainnya.

“Apabila dikonsumsi buah pisang baik bagi kesehatan. Salah satunya bisa memperlancar ASI bagi ibu menyusui dan ibu hamil,”ujarnya.(adv/hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved