PON Papua Ditunda, Cabor Dayung Kaltim Atur Ulang Program Latihan

Atlet dayung Provinsi Kalimantan Timur atau Kaltim tetap fokus berlatih walaupun PON Papua diundur hingga 2021 mendatang.

HO/PODSI KALTIM
Atlet Dayung Kaltim yang dipersiapkan menghadapi PON Papua tetap fokus berlatih. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Atlet dayung Provinsi Kalimantan Timur atau Dayung Kaltim tetap fokus berlatih walaupun PON Papua diundur hingga 2021 mendatang.

Wakil Sekretaris Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kaltim, Hendro Prawoto menjelaskan, ditundanya PON mengakibatkan pihaknya harus mengatur ulang program latihan atlet agar medali yang ditargetkan bisa diraih.

"Program pasti akan kita set ulang, hal ini akan kami konsultasikan dengan KONI Kaltim agar program yang kami jalankan terarah," ucapnya kepada Tribunkaltim.co, Jumat (8/5/2020).

Walaupun demikian, hingga saat ini atlet yang kebanyakan berada di Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) tetap rutin berlatih sore dan malam hari. "Selama wabah dan bulan ramadan ini, atlet tetap berlatih. Hanya saja, karena sedang berpuasa, durasi latihannya kita kurangi," ungkapnya.

Jadwal atlet berlatih mulai Senin - Sabtu, jika sebelumnya latihan hanya dilakukan di darat dengan alat ergometer, kali ini latihan juga dilakukan di air. Sore hari latihan dimulai pukul 16.00 - 17.00 Wita, sedangkan malam hari dilakukan pada pukul 19.00 - 21.00 Wita. "Latihan sore kita lakukan di air, di sungai Mahakam dengan menggunakan perahu. Jadi, mereka sekalian nunggu waktu berbuka juga," jelasnya.

Virus Corona Mewabah, Cabor Dayung Kaltim Tiadakan Latihan di Air

Kebersamaan Jadi Poin Penting Bagi Atlet Dayung Kaltim Terutama Nomor Tanding Dragon Boat

VIRAL Pemuda Mendayung Kayak di Halaman Universitas Trisakti Saat Banjir, Terima Kasih Pak Anies

"Sedangkan latihan malam, kita fokuskan pada weight training. Latihan dimulai setelah berbuka puasa," sambungnya.  Guna kondisi atlet tetap prima selama bulan ramadan, pihaknya selalu berpesan agar menjaga makanan yang dikonsumsi, dan menyarankan agar memperbanyak porsi makan saat sahur.

"Tetap kita ingatkan untuk jaga diri, dan makan pada saat sahur diperbanyak," imbuhnya. Saat ini, pihaknya juga tengah melakukan pembahasan dengan pengurus, serta pelatih mengenai masa libur saat lebaran nanti.

Menurutnya, libur pasti akan diberikan, tapi dengan durasi waktu yang tidak lama.

"Lebaran pasti ada libur. Tapi, jangan terlalu lama liburnya, nanti stamina bisa turun, karena meningkatkan performa itu sulit. Untuk waktu libur masih kita bahas lebih lanjut," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved