Berita DPRD Kalimantan Timur

Dewan Imbau Warga Kaltim untuk Terus Saling Bantu dan Mengingatkan di Masa Pandemi Covid-19

dengan saling mengingatkan setidaknya orang terdekat kita seperti saudara dan kerabat agar tetap menjaga dan menerapkan pola hidup sehat

HUMAS DPRD KALTIM
Anggota DPRD Kaltim, Ismail 

SAMARINDA - Anggota DPRD Kaltim Ismail menilai bahwa saat pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Kaltim saat ini, maka saling mengingatkan dan membantu menjadi hal yang penting untuk bersama-sama mengupayakan agak lonjakan pasien terkonfirmasi positif tak kian bertambah.

Ia menerangkan, dengan saling mengingatkan setidaknya orang terdekat kita seperti saudara dan kerabat agar tetap menjaga dan menerapkan pola hidup sehat, menjaga jarak serta peka terhadap kondisi kesehatan tubuh akan menjadi afirmasi positif bagi penerima pesan. Begitupun bantuan juga sangat diperlukan untuk meringankan hidup mereka yang dibantu.

"Seperti angka konfirmasi yang terjadi di Kutai Timur per 9 mei 2020 sejumlah 31, ini menjadi pesan tersendiri bahwa menjaga kesehatan dari penularan covid-19 sangat diperlukan. Pelonggaran pembatasan sosial masih harus dihindari daerah ini, untuk mengantisipasi penambahan pasien covid-19", kata Politisi Asal Dapil Kutim ini.

Namun demikian, Ismail melihat bahwa masyarakat sesungguhnya sudah cukup paham dengan bahaya dan pola pencegahan penularan covid-19.

Hanya saja menurutnya, jika masih terdapat warga yang berkerumun, tak menjaga jarak dan tak mengikuti imbauan untuk memakai masker dan rajin mencuci tangan maupun menggunakan handsanitizer.

Artinya mereka masih memerlukan sosialisasi dan pemahaman yang lebih baik untuk tidak meremehkan bahaya penularan Covid-19 ini bagi dirinya maupun orang lain.

"Apalagi dengan Orang Tanpa Gejala (OTG), jadi benar jika pemahaman bahwa penggunaan masker bukan hanya untuk dirinya, namun juga untuk melindungi orang lain. Maka mari sama-sama kita jaga," ungka Ismail.

Ismail juga mengimbau agar bisa berempati dengan pengorbanan petugas medis yang berperan di garda terdepan.

"Tugas mereka kini tak sekedar menjalankan kewajiban profesi, namun lebih dari itu ada misi kemanusiaan yang dijalankan," sebutnya.

Senada dengan Ismail, Yusuf Mustafa yang juga Anggota DPRD Kaltim Dapil Balikpapan ini juga mengatakan bahwa kepedulian terhadap sesama disaat seperti ini akan sangat berarti bagi mereka yang terdampak.

Seperti kehilangan mata pencaharian, penurunan penghasilan secara signifikan sehingga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Anggota DPRD Kaltim, Yusuf Mustafa
Anggota DPRD Kaltim, Yusuf Mustafa (HUMAS DPRD KALTIM)

"Alhamdulillah banyak pihak-pihak yang masih memiliki kepedulian untuk meringankan beban mereka, terutama di Bulan suci Ramadhan saat ini," kata Politisi yang baru-baru ini menyalurkan bantuannya ke sejumlah warga di Kota Balikpapan. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved