Virus Corona di Kukar

Jika Wabah Virus Corona Berakhir, Erau di Kukar Berpeluang Tetap Diselenggarakan Tahun Ini

Tahun ini Erau terancam tidak dapat terselenggara akibat pandemi virus corona yang masih mewabah di dunia, tak terkecuali di Kabupaten Kukar

TRIBUNKALTIM.CO/RAHMAT TAUFIQ
  Ribuan warga dan peserta dari 6 delegasi asing di Festival Erau 2018 mengikuti acara beseprah atau makan bareng dengan Putra Mahkota Kesultanan Kutai di sepanjang jalan depan Kedaton Kutai, Rabu (25/7/2018)_RAHMAT TAUFIQ 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Tahun ini Erau terancam tidak dapat terselenggara akibat pandemi virus corona yang masih mewabah di dunia, tak terkecuali di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Namun demikian, bukan berarti Erau sudah tidak ada peluang untuk diselenggarakan. Terdapat wacana tetap menyelenggarakan Erau asalkan kondisi wabah virus corona telah berakhir.

Sekretaris Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Awang Yacoub Luthman menjelaskan, pelaksanaan Erau tahun ini memang tergantung dari perkembangan kondisi virus corona, serta kebijakan Pemerintah Kabupaten Kukar.

Menurutnya, pelaksanaan Erau tetap dapat terlaksana pada Juni ataupun Juli asalkan pada bulan Mei ini kondisi kasus virus corona di Kukar terus menerus alami penurunan.

"Kalaupun tetap mau dilaksanakan, kita akan lihat dulu kondisi virus corona di bulan ini," ucapnya, Senin (11/5/2020).

DPRD Kukar Singgung Keterbatasan Beras di Kutai Kartanegara Kala Pandemi Corona

Kapolres Kukar Imbau Warga Tidak Mudik, AKBP Andrias: Harus Jelas ke Kutai Kartanegara Untuk Apa?

Baznas Kutai Kartanegara Bagikan Sembako untuk Fakir Miskin Terdampak Covid-19

Jadwal dan Titik Operasi Ketupat di Kutai Kartanegara, Satlantas Polres Kukar Gelar Selama 37 Hari

Masih dirinya menjelaskan, kalaupun kondisi virus corona berakhir pada Mei ataupun Juni. Maka, untuk melaksanakan Erau harus terlebih dahulu dibahas mengenai persiapan pelaksanaannya.

"Kita berharap Erau tetap bisa terlaksana, tapi dengan catatan kondisi virus corona telah berakhir. Ya, kita lihat saja nanti perkembangannya di bulan ini hingga bulan depan," ungkapnya.

Kendati demikian, ditunda ataupun ditiadakan Erau tahun ini juga tergantung terhadap Pemerintah Kabupaten. Sejauh ini memang belum ada pembahasan bersama antara Kesultanan dengan Pemerintah Kabupaten terkait Erau.

"Hingga saat ini Pemerintah belum mengambil sikap terkait hal ini, kalaupun dibatalkan pasti disampaikan kepada kami," pungkasnya. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved