Virus Corona

Palang Merah Indonesia Gandeng Telkomsel Tangani Corona Memakai Teknologi IoT

Pandemi Corona di Indonesia masih berlangsung, sejauh ini pemerintah pusat belum menyatakan resmi wabah Corona di Indonesia selesai.

TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
DONOR DARAH - Petugas PMI Samarinda melayani warga yang mendonorkan darah melalui bakti sosial di gedung UDD Samarinda Jalan Palang Merah Nomor 1 Samarinda Ulu Kalimantan Timur, Kamis (7/5/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pandemi Corona di Indonesia masih berlangsung, sejauh ini pemerintah pusat belum menyatakan resmi wabah Corona di Indonesia telah selesai. 

Berbagai upaya pencegahan covid-19 masih terus dilakukan. Seperti di antaranya PMI sejauh ini masih terus bekerja meski terdapat ancaman virus Corona

Keberadaan PMI sangat berperan dalam penanganan wabah covid-19, ada keterkaitan dengan kebutuhan pasien yang membutuhkan pasokan darah juga melayani mereka yang ingin donor darah. 

Kali ini Palang Merah Indonesia ( PMI ) mulai menggunakan teknologi internet of thing (IoT) dalam upaya penanggulangan wabah covid-19 atau Corona.

BACA JUGA:

 Warga Usia Dibawah 45 Tahun Dilonggarkan dalam PSBB, Kurangi Dampak PHK Kala Pandemi Corona

 Kabar Baik, Pasien Covid-19 yang Sembuh di Bulungan Kalimantan Utara Kini Berjumlah 7 Orang

Teknologi ini dilakukan sebagai langkah untuk membantu mitigasi dan pencegahan dalam menanggulangi penyebaran virus Corona, sekaligus memberikan bantuan terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga medis.

IoT yang akan diterapkan antara lain dalam hal pembatasan fisik (physical distancing) dalam pengelolaan kendaraan operasional, penyemprotan disinfektan.

Serta monitor suhu box berisi plasma darah pada program penanggulangan covid-19.

Menggandeng operator telekomunikasi Telkomsel untuk menyediakan solusi Order Management System (TOMS) dan Asset Performance Management (APM)

 Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said mengatakan, Operasi Penanganan dan Pencegahan covid-19 merupakan inisiatif PMI dalam melakukan upaya mitigasi dan pencegahan dalam menanggulangi penyebaran virus Corona.

Halaman
12
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved