39 Kasus Positif Covid-19 di Bulungan, Dirut RSD Soemarno Sebut Butuh Ruang Isolasi Alternatif

Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Daerah (RSD) Soemarno Sosroatmodjo, dr Suryatan, mengatakan pihaknya membutuhkan ruang isolasi alternatif dalam men

TRIBUNKALTIM.CO/AMIRUDDIN
RSD Soemarno Sosroatmodjo merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien covid-19 di Kaltara. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR- Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Daerah (RSD) Soemarno Sosroatmodjo, dr Suryatan, mengatakan pihaknya membutuhkan ruang isolasi alternatif dalam menangani pasien covid-19 atau Virus Corona.

Apalagi hingga saat ini kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), telah menyentuh angka 39 kasus.

Pasien positif yang masih dirawat di RSD Soemarno Sosroatmodjo, Tanjung Selor, berjumlah 29 orang, sembilan orang sembuh, dan seorang telah meninggal dunia.

"Kita prihatin dengan jumlah pasien covid-19 yang saat ini masih dirawat di rumah sakit. Yang perlu dipikirkan lagi kalau ada tambahan pasien covid-19, sedangkan rumah sakit kita punya batas maksimal untuk ruang isolasi," kata Suryatan kepada TribunKaltim.co, Rabu (13/5/2020).

Saat ini, kata dia, pihaknya terus melakukan upgrade ruang baru kelas tiga di RSD Soemarno Sosroatmodjo sebagai ruang isolasi baru.

Ruang isolasi tambahan tersebut melengkapi ruang isolasi yang telah ada sebelumnya.

Awalnya, ruang isolasi di rumah sakit yang ada di Jl Cendrawasih, Tanjung Selor, hanya memiliki empat buah tempat tidur.

"Kalau saya hitung-hitung, maksimal ruang isolasi kelas tiga itu hanya bisa menampung maksimal 50 pasien. Lebih dari itu tidak bisa," ujarnya.

Suryatan menambahkan, untuk mengantisipasi jika terjadi overload, perlu disiapkan ruang isolasi alternatif, misalnya dengan menggunakan rumah susun (rusun) yang ada di bilangan Jl Sengkawit, Tanjung Selor.

"Kita harus segera mempersiapkannya untuk memenuhi standar minimal sebagai ruang isolasi. Itu harus cepat dilakukan, sebagai langkah antisipasi," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Amiruddin
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved