BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Hari Ini 13 Mei 2020, 8 Wilayah Waspada!

Dari laman resmi BMKG tentang prakiraan cuaca, sejumlah wilayah seperti Sumatera Barat hingga Papua berpotensi hujan lebat pada rabu 13 Mei 2020

Warta Kota/henry lopulalan
PERINGATAN DINI BMKG - (ilustrasi) Hujan deras bersama angin. Sejumlah wilayah seperti Sumatera Barat hingga Papua berpotensi hujan lebat pada hari ini Rabu 13 Mei 2020 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi akan terjadi cuaca ekstrem, Rabu (13/5/2020).

Dilansir dari laman resmi BMKG tentang prakiraan cuaca, sejumlah wilayah seperti Sumatera Barat hingga Papua berpotensi hujan lebat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri sudah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah tersebut.

Selain potensi hujan lebat, BMKG juga memberikan peta sebaran potensi gelombang tinggi untuk beberapa daerah di Indonesia.

• Muhammadiyah Telah Tetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Kapan Jadwal Pemerintah Gelar Sidang Isbat?

• Beredar Kabar Eks Caleg PDIP Harun Masiku Tewas Ditembak, Refly Harun Pernah Bongkar Kejanggalan

• Bocah 6 Tahun Asal Tarakan tak Punya Gejala covid-19, Namun Hasil Tes Swab Positif Corona

• Roy Kiyoshi Dijenguk Mantan Pacar, Evelyn Nada Anjani Beberkan Kondisi Roy: Lagi Drop, Muntah-muntah

Sedangkan sebagian besar wilayah lain seperti Jabodetabek, Riau, hingga Maluku berpotensi hujan petir disertai angin kencang.

peringatan dini Cuaca Ekstrem

BMKG mengungkapkan, daerah tekanan rendah yang merupakan Bibit Siklon tropis 95W terpantau di Samudera Pasifik Timur Filipina dengan arah pergerakan ke arah Barat Laut.

Sistem ini memberikan dampak tidak langsung berupa pembentukan daerah belokan angin yang memanjang, dari Sulawesi Utara hingga Maluku Utara, dan pusat tekanan rendah di laut andaman membentuk pola belokan angin di sekitaran pesisir barat Sumatera, dari Aceh hingga Sumatera Barat, serta terbentuknya daerah konvergen disekitar semenanjung Malaysia dan perairan timur Aceh hingga Sumatera Utara.

Hal tersebut mampu meningkatkan potensi hujan di sepanjang daerah belokan angin dan konvergen tersebut.

Daerah sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Lampung yang memberikan dampak tidak langsung pada pembentukan daerah belokan angin di pesisir Barat Sumatera bagian Barat, sehingga menyebabkan potensi petumbuhan awan hujan di wilayah tersebut, yakni di Lampung bagian Barat dan Bengkulu.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved