Corporate Berbagi Tribun Kaltim

Pertamina Hulu Mahakam Ikut “Corporate Berbagi” Tribun Kaltim

paket APD sudah sampai ke Nunukan, Samarinda dan daerah lainnya. Insya Allah bantuan yang disebar untuk teman-teman yang terdampak Covid-19. Mulai

Tribun Kaltim / Fransina Luhukay
Pertamina Hulu Mahakam Ikut “Corporate Berbagi” Tribun Kaltim. 

TRIBUNKALTIM.CO - Dalam rangka HUT ke-17 Tribun Kaltim mengadakan program Corporate Berbagi bekerjasama dengan Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kaltim, Selasa (12/5).

Dalam kegiatan ini manajemen Tribun Kaltim bersama PHM menyerahkan paket sembak kepada ACT untuk disalurkan kembali kepada warga yang terdampak Covid-19.

Suripno Kepala Divisi Sustainable Development dan Societal PHM mengucapkan selamat ulang tahun ke 17 kepada Tribun Kaltim. "Acaranya saya kira kerjasama yang bagus bentuk kepedulian kita kepada masyarakat yang terkena dampak Covid," kata Suripno.

Harapannya wabah Covid ini segera berlalu semoga kegiatan ekonomi, sosial dan lainnya berjalan normal kembali, dan masyarakat yang terdampak bisa tetap survive. "Selain kerjasama dengan Tribun Kaltim, PHM pada prinsipnya turut mendukung memberikan bantuan terkait adanya Covid ini," katanya.

Bantuan ini baik penanggulangan masalah Covid, baik bantuan untuk masyarakat seperti pemberian hand sanitizer, masker dan APD untuk tenaga kesehatan. "Termasuk memberikan bantuan kepada wartawan, sebab wartawan salah satu garda terdepan, harud ke sana kemari dan selalu kontak dengan orang. Risikonya cukup tinggi," ujarnya.

Selain itu, PHM juga turut membantu penanganan dampak ekonomi secara langsung, bantuan berupa sembako kerjasama dengan Tribun Kaltim salah satunya.

Pertamina Hulu Mahakam Ikut “Corporate Berbagi” Tribun Kaltim.
Pertamina Hulu Mahakam Ikut “Corporate Berbagi” Tribun Kaltim. (Tribun Kaltim / Fransina Luhukay)

"Kami juga memberikan aksi yang serupa di wilayah site kami, yakni memberikan bantuan di lima kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara," ucapnya.

Dalam pembagian sembako pun PHM memperhatikan kelangsungan ekonomi masyarakat setempat. Contohnya melakukan belanja di kampung sekitar Site, tidak belanja di Kota Balikpapan atau Samarinda. Melainkan belanja di warung warga sekitar sehingga ekonominya tetap berjalan. "Kami memberdayakan masyarakat untuk membuat masker. Jadi masyarakat setempat roda ekonominya tetap berjalan," katanya.

Untuk sembako selain membeli di warung setempat, untuk beras yang dihasilkan dari petani lokal, yakni petani di Muara Jawa untuk dibagikan kepada warga yang terdampak.

Total keseluruhan pembagian bantuan sembako yakni dari lebih dari 20 Desa yang tersebar di lima Kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara. "Kami melakukan cukup banyak aksi, semoga kita turut meringankan beban masyarakat, semoga penanggalungan Covid-19 ini cepat berlalu," katanya.

Bacaan Doa Rasulullah SAW di Malam Lailatul Qadar, Amalan di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Adira Finance Dukung Pemerintah Kota Banjarmasin Lawan Covid-19

Meski Berpenghasilan Tak Tentu, Maserani Tetap Rutin Bayar Iuran JKN

Hal senada diungkapkan, Arifka Nanda Adlina dari ACT Kaltim. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Tribun Kaltim dan juga perusahaan yang sudah peduli dan ikut membantu penanganan Covid-19 ini. Karena itu juga sejalan dengan program ACT sendiri yakni Pangan Gratis. Dan alhamdulillah kami sudah bagikan hampir 500 paket di Kota Balikpapan dan sebagian di Samarinda," lanjutnya.

Sementara untuk paket APD sudah sampai ke Nunukan, Samarinda dan daerah lainnya. Insya Allah bantuan yang disebar untuk teman-teman yang terdampak Covid-19. Mulai yang di PHK, atau dirumahkan, diantaranya yang berprofesi penyapu jalanan, ojol dan teman-teman yang kerja serabutan bahkan sampai tak ada kerjaan sama sekali.

"Sehingga sampai harus menggadaikan barang-barang berharganya. Target penyaluran sampai Pandemi berakhir. Paket sembako yang kami bagikan Insya Allah bisa bertahan sampai dua bulan," ucapnya.

Harapannya ini menjadi momentum untuk perusahaan lainnya untuk bisa terus berkolaborasi untuk Tribun Kaltim. "Apalagi Tribun Kaltim menawarkan plus publikasi, masyaAllah selain berbagi juga mendapatkan nilai plus sendiri,” katanya. (dha)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved