Soal Kelanjutan Liga, Yunus Nusi: Keputusan Tetap di PSSI, Bukan RUPS

PSSI telah menyetujui agar PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa sesuai dengan Undang-undang perseroan.

(TRIBUNKALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO)
Plt Sekjen PSSI sekaligus Ketua Asprov PSSI Kaltim, Yunus Nusi. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- PSSI telah menyetujui agar PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa sesuai dengan Undang-undang perseroan.

Nantinya, peserta RUPS adalah 18 klub Liga 1 dan PSSI yang dikabarkan dilaksanakan 18 Mei 2020 mendatang.

"Tentang RUPS, PSSI setuju agar LIB melaksanakan RUPS luar biasa," ucap Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, Rabu (13/5/2020).

Namun demikian, dirinya belum mengetahui tempat pelaksanaan dan menggunakan metode apa RUPS dilaksanakan, karena hal itu merupakan ranah dari PT LIB.

"LIB yang akan atur, pakai sistem virtual atau tidak, mereka juga yang atur," ujarnya.

Disinggung apakah RUPS bakal menghasilkan keputusan mengenai keberlanjutan kompetisi, Yunus Nusi menegaskan, keputusan keberlanjutan kompetisi tetap ada pada tangan PSSI, bukan pada RUPS.

"Lanjut atau tidaknya liga ada di PSSI, bukan di RUPS," ucapnya.

Sesuai hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang diselenggarakan pada 12 Mei 2020, mulai pukul 21.00 - 23.00 WIB melalui video konferensi,

hingga saat ini PSSI masih berpegang terhadap SKEP/48/III/2020 tanggal 27 Maret 2020 yang ditandatangani Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, terkait status liga dalam keadaan kahar (force majeure) sesuai dengan status tanggap darurat BNPB.

Pada SKEP tersebut, terdapat sejumlah point terkait dengan jalannya kompetisi, di antaranya berbunyi, PSSI menetapkan bahwa bulan Maret, April, Mei, dan Juni 2020 adalah Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana terkait penyebaran Covid-19 di Indonesia. Maka status ini disebut keadaan Kahar (Force Majeure).

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved