Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Kemensos Salurkan Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos dan Giro Tenggarong

sampai 10 Mei 2020 data yang sudah berhasil diunduh pada aplikasi pembayaran adalah Muara Badak 12 desa sebanyak 312 KPM

HUMASKAB KUKAR
PENYALURAN BST - Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Kepala Dinas Sosial Didi Ramyadi, dan Kepala Kantor Pos dan Giro cabang Tenggarong Wahyu Widodo pada acara penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di halaman Kantor Pos dan Giro Cabang Tenggarong, Senin (11/5/2020). 

TENGGARONG – Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang terjadi saat ini menyebabkan sebagian masyarakat kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Untuk itu, Kementerian Sosial RI melalui program Bantuan Sosial Tunai (BST) memberikan sebesar Rp 600 ribu perbulan selama tiga bulan, kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

BST tersebut disalurkan melalui PT Pos dan Giro Cabang Tenggarong selaku penyalur dan Dinas Sosial Kabupaten Kukar sebagai pengumpul data, yang mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun data non DTKS.

Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kukar H Didi Ramyadi dan Kepala Kantor Pos dan Giro cabang Tenggarong Wahyu Widodo, secara simbolis menyerahkan BST kepada KPM di halaman Kantor Pos dan Giro Cabang Tenggarong, Senin (11/5/2020).

Wahyu Widodo mengatakan, data usulan dari Kukar sebanyak 8.214 KPM yang sudah masuk ke Kementerian Sosial RI disalurkan melalui PT Pos dan Giro Cabang Tenggarong sebanyak 2.150.

“Dari data tersebut masih ada sekitar 6.064 KPM yang belum tervalidasi di Kementerian Sosial RI sehingga belum muncul. Untuk Kantor Pos Tenggarong, kami fokus pada pembayaran dengan data yang sudah berhasil diunduh dari aplikasi pembayaran dana bansos, dan sampai saat ini masih terus kami lakukan proses pemeriksaan data dari pusat,” bebernya.

BANTUAN KEMENSOS - Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Pos Tenggarong, Senin (11/5/2020).
BANTUAN KEMENSOS - Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Pos Tenggarong, Senin (11/5/2020). (HUMASKAB KUKAR)

Ditambahkannya, sampai 10 Mei 2020 data yang sudah berhasil diunduh pada aplikasi pembayaran adalah Muara Badak 12 desa sebanyak 312 KPM, Samboja 3 desa dari 23 desa sebanyak 6 KPM, Tenggarong 5 desa sebanyak 72 KPM.

Sedangkan wilayah Kukar yang menjadi daerah operasional Kantor Pos Samarinda adalah Marangkayu, Muara Badak, Anggana, Loa Janan, Sangasanga, Muara Jawa dan Samboja.

Sementara Bupati Edi Damansyah mengatakan, BST jangan dipandang dari nilai dan kecukupannya, tapi dinilai dari upaya pemerintah untuh memenuhi kebutuhan dasar penduduk miskin yang terdampak langsung akibat Covid-19.

”Saya harap bantuan ini dapat diterima dan dimanfaatkan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari – hari, sebagai upaya kita bersama dalam semangat bergerak searah melawan Covid-19 sehingga keadaan sosial ekonomi masyarakat tetap dapat berlangsung seperti biasa,” ujarnya.(adv/dokpim06)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved