Berita Pemkab Kutai Barat

Wabup Edyanto Arkan Tinjau Kesiapan Kantor Pos Melak Salurkan BST di Kutai Barat

Nilai bantuan BST sama dengan BLT yaitu sebesar Rp. 600 ribu. Bedanya jika BLT bersumber dari Dana Desa sedangkan BST bersumber

HUMASKAB KUBAR
KESIAPAN BST - Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan berbincang dengan petugas Kantor Pos dan Giro Melak saat meninjau kesiapan kantor tersebut menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial untuk masyarakat Kubar, Jumat (15/5/2020). 

SENDAWAR- Wakil Bupati (Wabup) Kutai Barat, Edyanto Arkan, Jumat (15/05) pagi, meninjau kesiapan Kantor Pos dan Giro Melak dalam pendistribusian program Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk masyarakat dari Kementerian Sosial.

Menurut Wabup Edyanto, pemerintah selalu hadir memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam hal ini, pemerintah menanyakan langsung kepada pegawai kantor pos tentang kendala yang dihadapi. Sebab menurut data, baru sekitar 10 persen warga yang menerima BST. Untuk diketahui, di Kubar terdapat kurang lebih 5.000 Kepala Keluarga (KK) yang berhak menerima BST dari Kementerian sosial.

Setelah ditanyakan penyebabnya, yakni belum adanya penetapan data dari Kantor Pos Bandung. Untuk itu Bupati akan segera mengirim surat ke Kantor Pos Bandung untuk segera menerbitkan data bagi nama yang menerima, karena kantor pos Kubar masih menunggu data tersebut untuk diproses.

Ditambahkan, untuk pendistribusian Kantor Pos Kubar akan dibantu tenaga dari Tenggarong Kutai Kartanegara. Hal ini untuk mempercepat proses dan bisa secepatnya diterima kepada berhak, dan untuk ketertiban akan melibatkan pihak keamanan baik dari Satpol PP atau Kepolisian.

Untuk diketahui, selain Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang telah ditetapkan oleh pemerintah, baru-baru ini Kementerian Sosial juga meluncurkan program terbaru berupa Bantuan Sosial Tunai (BST).

Bantuan BST ini sama dengan BLT yaitu diberikan kepada warga non PKH dan Non BPNT, Kartu Prakerja yang akan diberikan selama tiga bulan, dalam rangka meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak covid-19, Nilai bantuan BST sama dengan BLT yaitu sebesar Rp. 600 ribu. Bedanya jika BLT bersumber dari Dana Desa sedangkan BST bersumber dari Kementerian Sosial RI.(adv/hms36/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved