Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Penularan Lokal di 4 Kecamatan Ini Tanpa Gejala, Bupati Kukar Ingatkan Warga Patuhi Pemerintah

ada empat kecamatan di Kukar yang terjadi penularan lokal Covid-19, yaitu Muara Badak, Kenohan, Loa Janan, dan Tenggarong.

HUMASKAB KUKAR
KONDISI TERKINI - Bupati Kukar Edi Damansyah (kopiah hitam) didampingi Sekda Kukar Sunggono dan Kadinkes Kukar Martina Yulianti, saat menyampaikan perkembangan kondisi terkini Covid-19 Kukar dalam jumpa pers secara virtual di Rumah Jabatan Bupati, Tenggarong, Kamis (14/5/2020). 

TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengumumkan terjadi penambahan 15 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dalam konferensi pers virtual di rumah jabatan Bupati Kukar, Kamis (14/5/2020).

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, sebagian besar kasus positif tersebut merupakan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG), dengan riwayat perjalanan dari Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), serta juga terjadi penularan lokal (keluarga Terdekat) di beberapa kecamatan.

"Dari ke-15 pasien ini, 1 orang diisolasi di RS Karantina Bapelkes Samarinda dan 14 orang sedang menjalani isolasi di Wisma Atlet Tenggarong Seberang sejak diketahui rapid test yang bersangkutan reaktif. Semuanya dalam kondisi stabil," ujarnya.

Edi juga mengabarkan, ada empat kecamatan di Kukar yang terjadi penularan lokal Covid-19, yaitu Muara Badak, Kenohan, Loa Janan, dan Tenggarong.

Bupati juga pada kesempatan itu menyampaikan kesembuhan 1 pasien yang diidentifikasi sebagai KK-03, usia 22 tahun, jenis kelamin laki-laki. Pasien ini masuk rumah sakit pada 15 April 2020 sebagai PDP dengan keluhan demam berdarah (DHF), ada riwayat perjalanan dari Malang.

Selanjutnya pada Sabtu (16/5), Bupati Edi Damansyah kembali mengumumkan terdapat penambahan dua pasien positif Covid-19, yakni berasal dari Kecamatan Kembang Janggut dan Muara Jawa yakni KK-40, jenis kelamin laki-laki, usia 59 tahun dari Kecamatan Kembang Janggut.

Riwayat perjalanan dari Gowa pada 24 Maret 2020 dengan penyakit penyerta paru-paru. Kemudian KK-41, jenis kelamin laki-laki, usia 40 tahun dari Kecamatan Muara Jawa dengan keluhan batuk dan nyeri tenggorokan. Riwayat perjalanan dari Balikpapan pada akhir April 2020.

Untuk itu Edi Damansyah yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Kukar yang saat itu didampingi Sekda Kukar Sunggono dan Kadinkes Kukar Martina Yulianti, mengingatkan masyarakat untuk terus mematuhi anjuran pemerintah.

Yakni untuk jujur dengan riwayat perjalanan yang dilakukan sehingga dapat diantipasi kemungkinan terpapar Covid-19 baik bagi petugas kesehatan, keluarga maupun masyarakat.

“Kepada seluruh masyarakat agar dengan sungguh – sungguh, disiplin serta dengan penuh kesadaran melakukan pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan Covid-19 dengan cara jaga kesehatan dan tingkatkan daya tahan tubuh, gunakan masker bila keluar rumah, jaga jarak fisik (physichl, distancing) hindari kerumunan, tidak bepergian keluar daerah dan tidak mudik," imbau Edi.

Untuk diketahui, hingga hari Sabtu (16/5) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kukar berjumlah 41 kasus terdiri dari 35 orang sedang menjalani perawatan dan 6 kasus dinyatakan telah sembuh. (adv/dokpim05)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved