Shalat Idul Fitri di Masjid Batal

BREAKING NEWS Walikota Balikpapan Rizal Effendi Batalkan Izin Shalat Idul Fitri Berjamaah di Masjid

Pemerintah Kota Balikpapan ( Pemkot Balikpapan ) akhirnya membatalkan kebijakan izin pelaksanaan Shalat Idul Fitri di masjid-masjid.

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA
Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersama jajaran Forkompinda saat mengumumkan kebijakan baru di kantor Walikota Balikpapan, Rabu (20/5/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan ( Pemkot Balikpapan ) akhirnya membatalkan kebijakan izin pelaksanaan Shalat Idul Fitri di masjid-masjid yang ada di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Pembatalan tersebut menyusul kebijakan pemerintah pusat yang melarang pelaksanaan Shalat Idul Fitri di rumah ibadah.

Adapun kebijakan ini dipertegas oleh Menkopolhukam maupun Kemenag Republik Indonesia yang melarang Shalat Idul Fitri di masjid dan tetap mengimbau Shalat Idul Fitri dari rumah bersama keluarga.

Mengikuti perkembangan itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi akhirnya mencabut surat edaran yang sebelumnya membuka ruang penyelenggaran Shalat Idul Fitri di masjid.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Corona, Anggaran Dinas PUPR Penajam Paser Utara Terpangkas Rp 70 Miliar

Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah Kala Pandemi Corona, Berikut Penjelasan dan Hukum Kutbah 

Pun kebijakan ini diambil atas dasar kesepakatan tim gugus tugas penanganan Corona atau covid-19, Forkompinda, BIN, bersama pimpinan umat Islam di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Pelaksanaan Shalat Idul Fitri tetap di rumah karena dianggap sangat rentan. Kita tarik kebijakan kemarin dan kita kembali mengikuti anjuran pemerintah pusat," kata Rizal Effendi, Rabu (20/5/20).

Pemerintah Kota Balikpapan pun telah menerima surat Gubernur Kaltim Isran Noor. Surat tersebut mengenai larangan adanya kegiatan yang mengumpulkan massa.

Kali ini Gubernur Kaltim yang berkedudukan di Kota Samarinda ini pun meminta kepada pemerintah daerah untuk bisa meninjau kembali kebijakan yang telah diambil.

Halaman
123
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved