Hadapi Lonjakan PHK, BPJamsostek Luncurkan Program Lapak Asik, Bisa Ajukan Klaim JHT

Peningkatan pekerja yang di PHK tersebut secara tidak langsung juga berimbas pada melonjaknya jumlah klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerj

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Krishna Syarif, Direktur Pelayanan BPJamsostek mengatakan, para pekerja yang terkena PHK akibat dampak covid-19, bisa mengajukan JHT lewat program Lapak Asyik. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kondisi pandemi Virus Corona ( covid-19 ) yang berkepanjangan telah berdampak pada perekonomian Indonesia, termasuk di Kalimantan.

Jumlah pekerja yang mengalami PHK diprediksi akan meningkat cukup signifikan.

Peningkatan pekerja yang di PHK tersebut secara tidak langsung juga berimbas pada melonjaknya jumlah klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

Direktur Pelayanan BPJamsostek Krishna Syarif mengatakan bahwa BPJamsostek telah siap untuk mengantisipasi lonjakan PHK tersebut.

“Kami mengerti kondisi yang dihadapi teman-temen pekerja yang ter-PHK sebagai dampak pandemi covid-19. Kami pastikan BPJamsostek tetap beroperasi normal melayani peserta, melalui metode Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik)," katanya.

Sidang Kasus Korupsi Mantan Kadis Pasar Samarinda Sulaiman Sade Ditunda Hingga Usai Lebaran

Metode Lapak Asik ini sesuai dengan arahan pemerintah terkait kebijakan social dan physical distancing.

Krishna juga menyatakan pihaknya terus melakukan evaluasi untuk melahirkan inovasi agar Lapak Asik menjadi lebih baik lagi. Salah satu terobosan lain yang digagas untuk menghadapi lonjakan PHK adalah klaim kolektif.

Inisiatif ini ditujukan kepada perusahaan dengan skala usaha besar dan menengah yang terpaksa melakukan PHK kepada minimal 30 persen pekerjanya karena dampak pandemi covid-19.

Selain itu pihak perusahaan juga harus menjamin validitas data tenaga kerja, sehingga proses klaim dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Bupati Kukar Edi Damansyah Sebut THL Dapat THR Rp 1 Juta, Nominal Disesuaikan Keuangan Daerah

Adapun tahapan pengajuan klaim JHT adalah secara kolektif adalah sebagai berikut:

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved