Kaltim Tambah 5 Covid 19

Meski Kelompok OTG, 5 Kasus di Kaltim Langsung Dikarantina. Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kelompok orang tanpa gejala atau OTG dari kasus Covid-19 atau virus Corona biasanya diminta oleh tim medis intuk melakukan isolasi mandiri.

TRIBUNKALTIM.CO/PURNOMO SUSANTO
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim, Andi M Ishak. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kelompok orang tanpa gejala atau OTG dari kasus Covid-19 atau virus Corona biasanya diminta oleh tim medis intuk melakukan isolasi mandiri.

Namun, berbeda dengan 5 kasus OTG di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hari ini. Seolah tidak mau mengambil risiko, tim Covid-19 di tiga daerah melakukan karantina kepada 5 kasus OTG.

Tindakan tersebut ternyata sangat tepat. Pasalnya, ke-5 OTG tersebut telah dinyatakan sebagai kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim, Andi M Ishak mengharapkan, seluruh penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini berasal dari kelompok OTG.

“Tapi berbeda dengan kasus OTG yang diminta isolasi mandiri. Kasus OTG ini sudah lebih dahulu dirawat dan diisolasi di fasilitas kesehatan (Faskes),” ujarnya saat menggelar konferensi pers online dengan awak media di Kaltim secara virtual melalui aplikasi zoom, pada Jumat (22/5/2020), petang.

Baca juga; Harapkan Tidak Lagi Positif, Andi Ungkap Ada 19 Kasus Sudah Satu Kali Negatif Covid-19

Baca juga; Penjelasan Psikolog, Kenapa Ada Kerumunan Massa di Mall atau Pasar Saat Masih Pandemi Corona

Baca juga; Pacaran saat Masih SMA, Raffi Ahmad Pernah Ngasih Mantan Cincin Berlian Rp 30 Juta, Merasa Keren

“OTG telah diisolasi di faskes Covid-19 yang ditentukan daerah, antara 14-18 mei lalu. Jadi, nakes kita memang lebih dahulu mengambil langkah pencegahan penularan virus Corona kepada orang sekitar OTG,” lanjutnya.

Bukan tanpa alasan, dijelaskan Andi, karantina dilakukan setelah mendapati seluruh OTG tersebut reaktif terhadap Covid-19 setelah dilakukan rapid test.

Halaman
123
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved