Idul Fitri

Patuhi Edaran Gubernur Kaltim, Pemerintah Kutai Barat Imbau Umat Muslim Shalat Idul Fitri di Rumah

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat ( Kubar) akhirnya sepakat mengikuti surat edaran Gubernur Kalimantan Timur terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri

TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIAWAN
Rapat gabungan antara Forkopimda, Kementerian Agama, MUI, Pimpinan Ormas Islam, FKUB, Tim Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Kutai Barat pada Kamis (21/5/2020) membahas tentang pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa pemerintah Kubar mengimbau umat muslim untuk menunaikan shalat Id di rumah saja, sesuai surat edaran Gubernur Kaltim. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Pemerintah Kabupaten Kutai Barat ( Kubar) akhirnya sepakat mengikuti surat edaran Gubernur Kalimantan Timur terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah.

Rapat gabungan yang digelar pada Kamis (21/5/2020) menyepakati bahwa pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun ini masyarakat diimbau untuk beribadah di rumah.

Rapat tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, pimpinan ormas Islam, FKUB, Tim Gugus Tugas covid-19 serta sejumlah stakeholder lainnya.

"Sesuai surat edaran gubernur itu, disarankan agar shalat Id dilaksanakan di rumah masing-masing, karena dibenarkan berdasarkan fatwa majelis ulama, baik pusat maupun provinsi," kata Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan saat dikonfirmasi, Kamis (21/5/2020) pukul 17.00 Wita.

"Perlu kita tegaskan di sini bukan melarang, tapi dianjurkan. Kalau melarang itu tidak boleh, itu dosa karena sudah sunnah muakkad. Tapi karena kondisi ini darurat, disarankan melaksanakan di rumah, menghindari mengumpulkan orang banyak. Jadi dapat dilaksanakan di rumah karena tidak melanggar hukum syariat agama," terang Edyanto Arkan.

Baca juga: Nasihat Dokter Waluyo, Mantan Pasien Positif Virus Corona di Kutai Barat yang Kini Sembuh

Baca juga: Ratusan Karyawan di Kutai Barat Dirumahkan, Tak Ada Tunjangan dan Uang Lain-lain Kala Pandemi Corona

Baca juga: Satu Keluarga di Kutai Barat Positif Covid-19, Salah Satunya Baru Berumur 1,8 Tahun

Baca juga: Masjid Islamic Center di Kubar Tetap Laksanakan Sholat Idul Fitri, Jemaah Wajib Lalui Protokol Ketat

Sebelumnya, pada 18 Mei 2020, rapat gabungan di Kubar sudah menyepakati bahwa umat muslim di wilayah Kubar dapat melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid atau ruang terbuka.

Halaman
12
Penulis: Febriawan
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved