News Video

NEWS VIDEO Tak Mau Kalah dengan AS, China Akan Luncurkan Robot ke Mars pada Juli

China menargetkan pada Juli akan meluncurkan misi di Mars, dijalankan oleh robot yang dikendalikan dari jarak jauh.

TRIBUNKALTIM.CO - China menargetkan pada Juli akan meluncurkan misi di Mars, dijalankan oleh robot yang dikendalikan dari jarak jauh.

Dilansir dari AFP Senin (25/5/2020), pernyataan itu diungkapkan oleh perusahaan yang menangani proyek tersebut.

Beijing dikabarkan telah berinvestasi miliaran dollar dalam program luar angkasa, dalam upaya mengejar ketertinggalan dari rivalnya, Amerika Serikat ( AS).

Misi Mars termasuk di antara sejumlah proyek luar angkasa baru yang sedang dikebut China, termasuk menempatkan astronot China di bulan dan memiliki stasiun luar angkasa pada 2022.

Beijing telah merencanakan misi Mars untuk tahun ini, dan China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) mengonfirmasi misi bisa dijalankan pada awal Juli.

"Proyek besar ini berjalan sesuai rencana dan kami menargetkan peluncuran pada Juli," kata CASC dalam pernyataannya pada Minggu (24/5/2020).

CASC adalah kontraktor utama untuk program luar angkasa China.

Misi bernama Tianwen ini akan melakukan pengamatan di orbit sekitar Mars, dan mendaratkan robot untuk menjelajahi serta menganalisis permukaan.

Diperlukan beberapa bulan untuk menempuh jarak sekitar 55 juta kilometer (km) antara Bumi dan Mars, yang terus berubah karena orbit planetnya.

China telah melakukan misi serupa ke bulan, dan pada Januari 2019 mendaratkan robot kendaraan kecil di sisi gelap bulan. Ini menjadikan China negara pertama yang melakukannya.

Halaman
12
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved