Virus Corona di Berau

Syarat Masuk Kampung Tumbit Dayak Berau, Pakai Masker dan Cuci Tangan, Bersama Lawan Corona

Di kabupaten Berau Kalimantan Timur, masyarakat yang berada di kampung atau desa juga melakukan upaya pencegahan penyebaran virus covid-19

TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM
Suasana penjagaan pintu masuk Kampung Tumbit Dayak, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau Kalimantan Timur pada Senin (25/5/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau covid-19 tak hanya dilakukan di kota-kota besar.

Di kabupaten Berau Kalimantan Timur, masyarakat yang berada di kampung atau desa juga melakukan upaya pencegahan penyebaran virus covid-19

Seperti yang dilakukan masyarakat di Kampung Tumbit Dayak, Kecamatan Sambaliung, Senin (25/5/2020).

Setiap masyarakat yang ingin masuk di wilayah tersebut wajib memakai masker dan mesti turun dari kendaraan untuk melakukan cuci tangan dan kendaraan mereka harus disemprot disinfektan.

Baca Juga: Pandemi Corona, Warga Pesona Bukit Batuah Balikpapan Pilih Gelar Shalat Idul Fitri Berjamaah

Baca Juga: Penjelasan Psikolog, Kenapa Ada Kerumunan Massa di Mall atau Pasar Saat Masih Pandemi Corona

Kepala Kampung Tumbit Dayak Ahmad J mengatakan kegiatan tersebut telah berlangsung beberapa bulan lalu semenjak pemerintah daerah mengeluarkan imbauan.

"Jadi dua hari setelah Pemda mengeluarkan imbauan untuk tetapkan physical distancing sebagi upaya memutus rantai penyebaran covid-19, kita langsung menggelar rapat," kata Ahmad J ke TribunKaltim.co

"Dan hasilnya ini pintu masuk kampung kita jaga dengan memasang portal, kemudian kita siapkan tempat cuci tangan dan kendaraan harus kami semprot disinfektan juga wajib memakai masker," jelasnya.

Ahmad mengungkapkan upaya tersebut akan terus dilakukan hingga ada imbauan berikutnya terkait penanganan covid-19.

Baca Juga: Pandemi Corona, Warga Pesona Bukit Batuah Balikpapan Pilih Gelar Shalat Idul Fitri Berjamaah

Baca Juga: Penjelasan Psikolog, Kenapa Ada Kerumunan Massa di Mall atau Pasar Saat Masih Pandemi Corona

Upaya yang dilakukan aparat kampung untuk mencegah penyebaran covid-19 mendapat apresiasi dari ketua gugus tugas yang juga Bupati Berau H Muharram.

Menurutnya langkah tersebut efektif menekan penyebaran virus Corona. Terbukti di kabupaten Berau hanya dua Klaster yang terjadi yakni klaster Gowa, dan Yogyakarta sementara kasus positif karena kontak serumah hanya terjadi di lingkungan keluarga.

( TribunKaltim.co/Ikbal Nurkarim )

Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved