Virus Corona di Kukar

New Normal di Puskemas Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara, Screening Ketat di Pintu Masuk

Perubahan terjadi di Puskemas Loa Kulu, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ), layanan kesehatan yang sempat terbatas

HO/Puskemas Loa Kulu
Petugas kesehatan di Puskemas Loa Kulu menggunakan alat pelindung diri saat melayani masyarakat. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Perubahan terjadi di Puskemas Loa Kulu, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ), layanan kesehatan yang sempat terbatas, saat ini sudah kembali seperti biasa.

Saat wabah virus corona melanda, pihak Puskemas membatasi layanan kesehatan, dan hanya melayani masyarakat yang dalam keadaan darurat saja, namun saat ini seluruh layanan dibuka kembali, kecuali pembuatan surat keterangan kesehatan.

"Karena kondisi sekarang menuju new normal, otomatis semua pelayanan kesehatan akan dibuka kembali," ucap Kepala Puskesmas Loa Kulu, Hidayatullah kepada Tribunkaltim.co, Kamis (28/5/2020).

Karena layanan kesehatan kembali dibuka secara normal, maka pihaknya menyediakan meja khusus untuk screening warga yang hendak berobat maupun menggunakan layanan kesehatan di Puskemas.

Baca juga; Rima Sumbangkan Gajinya Selama Pandemi, Bagikan Ribuan Paket Beras untuk Masyarakat Kukar

Baca juga; 4 Pasien Covid-19 Sembuh di Kukar, Semua Berasal dari Kluster Gowa, Wajib Jalani Isolasi Mandiri

Baca juga; Skema New Normal Dimulai Hari Ini di Kukar, Bupati Edi Damansyah Sebut Sudah Lakukan Sosialisasi

Terdapat tiga meja khusus untuk screening yang diletakan di luar gedung Puskemas. Petugas di meja screening wajib menggunakan APD (alat pelindung diri), diantaranya penggunaan hazmat, sarung tangan panjang, masker, faceshield dan sepatu boots.

Warga akan menjalani pemeriksaan, seperti pengecekan suhu tubuh, lalu ditanya mengenai riwayat perjalanan, kontak sosial dan riyawat kesehatannya.

"Dengan kondisi seperti ini, Puskemas mengharuskan untuk memperkuat screening kepada warga yang akan dilayani. Harapannya semua warga yang boleh masuk ke area gedung benar-benar terbebas dari dugaan virus corona," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved