Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

345 KK di Kecamatan Long Bagun Juga Dapat BLT, Total yang Akan Diterima Rp 2.700.000

"Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu juga telah menginstruksikan kepada seluruh Petinggi untuk menggunakan Dana Kampung

HUMASKAB MAHULU
BLT LONG BAGUN - Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 345 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Long Bagun, Ujoh Bilang dan Mamahak Besar Kecamatan Long Bagun di Kantor Petinggi Ujoh Bilang, Kamis (28/5/2020). 

UJOH BILANG - Kamis (28/5/2020), bertempat di Kantor Petinggi Ujoh Bilang, Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH kembali menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) secara simbolis bagi 345 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Long Bagun, Ujoh Bilang dan Mamahak Besar Kecamatan Long Bagun.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH bersama Pimpinan Cabang BPD Kaltimtara Ujoh Bilang Faizal Riza, menyerahkan buku tabungan BPD Kaltimtara untuk penyaluran Bantuan Langsung Non Tunai dari pemerintah.

Hadir mendampingi Bupati pada penyerahan BLT, Wabup Drs. Y. Juan Jenau, Pj. Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang,S.Sos,MM, Danramil Long Bagun diwakili, Wakapolsek Long Bagun, Pimpinan Cabang BPD Kaltimtara Ujoh Bilang Faizal Riza, Camat Long Bagun Yason Liah,S.Hut,MP, Petinggi Ujoh Bilang, Petinggi Mamahak Besar.

Dalam sambutan tertulis Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH mengatakan, penyaluran BLT diberikan kepada masyarakat Mahulu yang terdampak Covid - 19 sebesar Rp 600.000, pembagian 3 bulan pertama dengan nilai Rp 600.000 untuk per Kepala Keluarga (KK).

Kemudian untuk bulan keempat, kelima dan keenam masing-masing Rp 300.000 per KK, sehingga total BLT yang akan diberikan berjumlah Rp 2.700.000.

"Sasaran Penerima Bantuan Langsung Tunai tersebut adalah kehilangan mata pencaharian, keluarga yang belum terdata (exclusion error) dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan keluarga yang memiliki anggota yang rentan penyakit menahun atau kronis,"kata Bupati.

Dikatakan Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH lebih lanjut, sebagai tindak lanjut operasional dari amanat yang tertuang dalam Instruksi Bupati Mahakam Ulu No. 1 Tahun 2020 tentang Penanggulangan COVID-19 di Kampung, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBK) di Kabupaten Mahakam Ulu.

"Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu juga telah menginstruksikan kepada seluruh Petinggi untuk menggunakan Dana Kampung yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2020 untuk disalurkan dalam bentuk BLT sesuai aturan perundangan yang berlaku,"jelas Bupati.

Sementara itu, dalam laporan Camat Long Bagun Yason Liah,S.Hut,MP, BLT Dana Desa merupakan bantuan untuk penduduk kurang mampu/miskin di kampung yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu yang rentan secara ekonomi dan sosial, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari selama Pandemik Covid-19 sesuai dengan tata waktu yang diatur oleh pemerintah.

"Kami laporakan ada 345 KK yang menerima bantuan BLT ini, mengcover 11 Kampung dalam wilayah Kecamatan Long Bagun, mekanismenya akan diserahkan ke perangkat pemerintah kampung di lakukan secara simultan, nanti kedepan akan tetap dilakukan evaluasi, kami berharap semua bantuan yang diberikan pemerintah bisa memberikan manfaat secara baik kepada masyarakat terutama dalam mengatasi sulit saat ini, supaya kita bisa keluar dari situasi tidak kekurangan terutama untuk kebutuhan pokok berupa pangan,"jelas Camat Long Bagun.

"Atas nama pemerintah Kecamatan Long Bagun kami menghaturkan ribuan terimakasih kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati dan jajaran, serta elemen pemerintah baik yang di pusat maupun di daerah atas semua skema bantuan yang diberikan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Long Bagun,"ujar Camat Long Bagun mewakili masyarakat Long Bagun penerima BLT.

Penyaluran BLT tersebut merupakan kali kedua, setelah sebelumnya Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH telah menyerahkan BLT secara simbolis dari dana kampung tersebut sebesar Rp. 600.000 kepada masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19 di Kampung Long Hubung Ulu, Matalibaq dan Datah Bilang Kecamatan Long Hubung, pada Rabu (27/5).

Selanjutnya bantuan juga akan dilakukan juga di dua Kecamatan Hulu Riam yakni Long Pahangai dan Long Apari. (adv/HMS11/td)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved