News Video

NEWS VIDEO Pemkab Berau Kembali Buka Masjid Untuk Salat Berjamaah

Hasil keputusan bersama pemerintah Berau, Kalimantan Timur kembali membolehkan salat berjamaah di masjid.

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Hasil keputusan bersama pemerintah Berau, Kalimantan Timur kembali membolehkan salat berjamaah di masjid.

Keputusan tersebut diambil usai pemerintah Kabupaten Berau bersama Forkopimda dan MUI, NU, Muhammadiyah, FKUB dan tokoh agama menggelar rapat terbatas di ruang Sangalaki kantor bupati Berau, Jumat (29/5/2020).

Dua bulan terakhir masyarakat diminta untuk melaksanakan salat di rumah masing-masing akibat pandemi virus Corona yang mewabah.

"Salat berjamaah dapat kembali dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Besok hari Sabtu kita membuat tim kecil yang dipimpin pak sekda membuat panduan terkait SOP Covid-19 dan pelaksanaan salah Jumat dan berjamaan," katanya.

Lanjut Muharram mengatakan bagi yang sudah melaksanakan salat berjamaah dengan protokol kesehatan itu tidak masalah.

"Masjid kembali kita buka ada beberapa alasan pertama berdasarkan aspirasi, yang kedua secara logika masjid itu jauh lebih baik ditertibkan dibandingkan tempat umum,"  tuturnya

"Artinya ada keyakinan bagi kita bahwa pengurus masjid dan jamaahnya jauh lebih bisa menjaga penyebaran virus dibandingkan kerumunan orang banyak yang tidak terorganisir," tegasnya.

Orang nomor satu di Berau itu mengaku akan mensosialisasikan hasil rapat tersebut termasuk meminta pengurus masjid untuk menyiapkan protokol kesehatan seperti menyiapkan hand sanitizer, tes suhu dan meminta jamaah pakai masker saat akan melaksanakan salat berjamaah.

"Kemudian jamaah terdata dengan rapi dan jamaahnya merupakan orang disekitar masjid serta tidak ada pendatang baru. Nanti ini semua jamaah dikenal oleh pengurus masjid karena terdata dengan rapi tujuannya agar jika nanti ada yang terpapar maka kita mudah tracking," jelasnya.

Untuk pengawasan sendiri, Bupati Berau mengaku telah meminta jajaran TNI Polri dan  Satpol-PP untuk meminta personelnya melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah.

Muharram menambahkan selain masjid rumah ibadah lainnya seperti gereja juga telah bisa melakukan ibadah ditempat ibadah masing-masing. (*)

IKUTI >> News Video

IKUTI >> News Video

Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved