Virus Corona di Balikpapan

Tak Lagi Ngotot Tuntaskan RPJMD Akibat Covid-19, Pemkot Balikpapan Revisi Target Pencapaian

Pemerintah Kota Balikpapan ( Pemkot Balikpapan ) sepertinya harus menyampingkan target rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD.

TRIBUNKALTIM.CO/CAHYO ADI WIDANANTO
Walikota Balikpapan Rizal Effendi di kantor Walikota Balikpapan, Jl Jenderal Sudirman Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Melalui Walikota Balikpapan Rizal Effendi berujar ia dan wakilnya Rahmad Masud kini tak lagi ngotot untuk menuntaskan RPJMD itu. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan ( Pemkot Balikpapan ) sepertinya harus menyampingkan target rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD yang telah disusun.

Pasalnya pandemi covid-19 yang dihadapi Kota Balikpapan sejak tiga bulan terakhir ini turut menggerus alokasi anggaran yang telah disiapkan.

Melalui Walikota Balikpapan Rizal Effendi berujar ia dan wakilnya Rahmad Masud kini tak lagi ngotot untuk menuntaskan RPJMD itu.

“Karena tahun depan arahnya yang diberikan pemerintah pusat adalah recovery ekonomi. Jadi capaian RPJMD mungkin sampai 2020,” katanya saat ditemui TribunKaltim.co, Jumat (29/5/20).

Baca Juga: Inilah Indikator Suatu Daerah Bisa Praktikkan New Normal ala Gugus Tugas Corona

Baca Juga: New Normal Sedang Dikaji, Pemkot Balikpapan akan Perkuat 3 Sektor Pelayanan Publik Ini

Lebih lanjut Rizal Effendi menjelaskan bahwa pada 2021 pengerjaan tidak akan mungkin maksimal, maka yang paling mungkin dilakukan ialah merevisi target pencapaian.

“Makanya nanti akan ada penggarisan dari Mendagri bagaimana tata penilaiannya. Tahun ini juga pencapaian RPJMD tidak maksimal karena anggarannya juga kena refocusing covid-19,” jelasnya.

Secara umum ada lima arahan strategis RPJMD 2016-2021 Balikpapan. Pertama adalah meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

Kedua mewujudkan kota layak huni yang berwawasan lingkungan. Selanjutnya meningkatkan infrastruktur kota yang representatif.

Halaman
12
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved