Breaking News:

Virus Corona

Penyewa Tenant Pusat Perbelanjaan Akui Mall Dibuka Lagi, Karyawan Bisa Bekerja Kembali

Sejumlah pengelola pusat perbelanjaan di DKI Jakarta berencana kembali membuka operasional mereka mulai 5 Juni 2020 nanti

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
ILUSTRASI - Banyak warga masyarakat kunjungi Plaza Balikpapan Jl Jenderal Sudirman Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, mengisi waktu akhir pekan, Sabtu (30/5/2020). Pusat perbelanjaan beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Sejumlah pengelola pusat perbelanjaan di DKI Jakarta berencana kembali membuka operasional mereka mulai 5 Juni 2020 nanti.

Namun, rencana itu masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat maupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebagai informasi, pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) baru akan berakhir pada 4 Juni 2020.

Pemprov DKI sendiri sejauh ini belum memutuskan apakah akan mengusulkan perpanjangan status tersebut. Di sisi lain, pemerintah pusat tengah memperkenalkan kebijakan normal baru atau new normal.

Baca Juga: Sisa Tangani 4 Klaster, Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan Masih Buka Kesempatan Rapid Test

Baca Juga: Hasil Rapid Test di Plaza Balikpapan, Walikota Rizal Effendi: Alhamdulillah Semuanya Non Reaktif

Para penyewa (tenant) pusat belanja menyebut rencana pembukaan mal akan membuat ekonomi kembali bergairah. Efek domino kembali beroperasinya terutama yakni penyerapan tenaga kerja setelah sejumlah sektor harus menutup usahanya selama masa pandemi virus Corona atau covid-19.

Sekretaris Jenderal Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia ( Hippindo), Haryanto Pratantara, mengatakan karyawan di dalam mal seperti karyawan tenant atau toko, penjaga pintu masuk parkir, hingga petugas kebersihan akan kembali bekerja jika pemerintah memutuskan pusat perbelanjaan boleh beroperasi kembali.

"Dengan mal dibuka, para tenant di dalam mal dan karyawannya bisa bekerja kembali, dan jumlahnya tentu cukup besar dalam satu mal. Efeknya cukup besar dari dua sisi, baik dari pihak mal sendiri dan penyewa," jelas Haryanto seperti dikutip dari Antara, Sabtu (30/5/2020).

Tak cuma sampai di situ, geliat ekonomi di sekitar pusat perbelanjaan juga akan kembali memulihkan diri. Contoh sederhananya, kata dia, yakni warung-warung makan yang kembali buka untuk melayani para karyawan maupun pengunjung pada saat makan siang dan jam kerja.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved