Berita Pemprov Kalimantan Utara

7 Tahun Pemprov Kaltara: Sudah 590 Hektare Lahan KBM Dibebaskan, Rp 239 Miliar Dikucurkan

Ada 12 kementerian yang diinstruksikan oleh presiden. Di antaranya, Menko Bidang Perekonomian, Mendagri, Menteri PPN/Ka Bappenas,

HUMASPROV KALTARA
KOTA BARU - Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie bersama rombongan meninjau rencana lokasi Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor, Sabtu (17/5/2020). 

7 Tahun Provinsi Kaltara dengan Capaian yang Telah Diraih (27)
590 Hektare Lahan KBM Dibebaskan, Rp 239 Miliar Dikucurkan

Salah satu tonggak penting dari eksistensi Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), adalah rencana pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor. Bahkan rencana ini didukung Presiden RI Joko Widodo, dengan dikeluarkannya Inpres Nomor 9 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan KBM Tanjung Selor.

IMMANUEL MATTARU, Humas Provinsi Kaltara

INPRES No. 9/2018 ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 31 Oktober 2018. Didalamnya memuat sejumlah instruksi kepala negara kepada sejumlah kementerian terkait, termasuk kepala daerah.

Ada 12 kementerian yang diinstruksikan oleh presiden. Di antaranya, Menko Bidang Perekonomian, Mendagri, Menteri PPN/Ka Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri ATR/Ka BPN, Menteri PUPR, Menteri LHK, Menteri Perhubungan, Menteri PDT dan Transmigrasi, Menteri Pertanian, Menteri Kominfo, dan Menteri ESDM. Sedang kepala daerah, diinstruksikan kepada Gubernur Kaltara dan Bupati Bulungan.

“Untuk Pemprov Kaltara sendiri melalui APBD, instruksinya adalah fokus untuk penyediaan lahan,” kata Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie.

Untuk menunjang hal tersebut, Gubernur pun membentuk tim percepatan yang dikoordinatori Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara dan Asisten Setprov Kaltara.

Dituturkan Gubernur, proses realisasi pembayaran pembebasan lahan KBM dimulai sejak 2017 hingga saat ini.

“Total lahan yang sudah dibebaskan untuk kepentingan percepatan pembangunan KBM Tanjung Selor, sekitar 590 hektare. Sekali lagi, saya ingatkan pembebasannya menggunakan APBD Kaltara sesuai tahun berjalan,” urai Irianto.

Masterplan KBM Tanjung Selor, Kaltara yang kini dalam proses pembangunan.
Masterplan KBM Tanjung Selor, Kaltara yang kini dalam proses pembangunan. ((HO/PEMPROV KALIMANTAN UTARA))

Pada 2017, total anggaran yang digelontorkan untuk pembebasan lahan (dalam satu tahap) sebesar Rp 73,3 miliar. Realisasi pembayarannya dilakukan dalam 2 tahap, yakni pada 2017 sebesar Rp 50 miliar dan 2018 mencapai Rp 23,3 miliar.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved