Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Jadi Kunci Penataan Kawasan Kumuh, Pansus DPRD akan Segera Tuntaskan Raperda RP3KP

Menurutnya perda ini sangat diperlukan terutama bagi kabupaten/kota dalam menata wilayah yang rentan menjadi kawasan kumuh.

HUMAS DPRD KALTIM
BAHAS RP3KP - Pansus DPRD Kaltim pembahas RP3KP diketuai Agiel Suwarno melakukan rapat internal secara virtual, Selasa (2/6/2020). 

SAMARINDA - Agiel Suwarno Ketua Pansus pembahas Raperda Perumahan Pembangunan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) DPRD Kaltim mengungkapkan, pansusnya ingin segera menuntaskan tugasnya.

Menurutnya perda ini sangat diperlukan terutama bagi kabupaten/kota dalam menata wilayah yang rentan menjadi kawasan kumuh.

"Pada dasarnya DPRD ini seperti apa keinginan pemerintah, kami siap. Yang penting perda ini bisa cepat selesai dan disahkan, karena keberadaan perda ini sangat diperlukan di kabupaten/kota," kata Agiel. Hal itu diungkapkan Ketua Pansus RP3KP usai melakukan rapat pansus internal, Selasa (2/6/2020).

Ia menilai, kerja pansus tak bisa lepas dari keterlibatan pihak pemerintah, sehingga keputusan pansus harus melibatkan tim pemerintah.

"Pada rapat pekan lalu sudah disampaikan pemerintah bahwa ada keinginan dari sebagian tim, alangkah baiknya perda ini diselesaikan dan di-Perda-kan sambil menunggu Perda OPD Dinas Perumahan dan Permukiman. Karena ini berkenaan dengan kewenangan yang terbatas," ungkap Politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara jika menyinggung kendala teknisnya, yang dialami pansus hanya karena kondisi pandemi covid-19, sehingga masa tugas pansus sejak 16 Maret mendapatkan SK maka masa kerja tersisa hingga Juni 2020.

Ia menerangkan, selama sebulan pansus sempat vakum dan tak dapat melakukan pembahasan karena batasan tidak diperkenankannya berkumpul dalam jumlah banyak.

"Namun dengan waktu yang ada DPRD Kaltim sangat ingin menyelesaikannya dengan segera, sebab kabupaten/kota memerlukan perda ini untuk menyelesaikan sejumlah persoalan yang berkaitan dengan batasan yang bersinggungan dengan wilayah lain. Ini yang ingin disegerakan agar bisa di tata sehingga tidak menjadi kawasan kumuh," ungkap Agiel.

Oleh karena itu dengan pembentukkan RP3KP maka diharapkan dapat ditata, apakah akan difungsikan sebagai kawasan perumahan atau kawasan hijau maupun kawasan lain.

Selain itu Pemprov Kaltim juga menginginkan target dibidang perumahan, seperti pembangunan perumahan, kawasan hijau dan kawasan lain yang bisa ditata dengan baik jika memiliki payung hukum.

Untuk diketahui, rapat pansus ini Ketua didampingi Wakil Ketua Pansus Amiruddin serta beranggotakan Sapto Setyo Pramono, Yusuf Mustafa, Romadhony Putra Pratama, Marthinus dan Bagus Susetyo. Selain itu Agus Suwandy, Muspandi, Jawad Siradjuddin, Syafruddin, Muhammad Adam, Mimi Meriami Br Pane, Harun Al Rasyid dan Puji Setyowati. (advertorial/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved