Virus Corona

Jika Lengah Virus Corona Siap Menyerang, 37 Tenaga Medis Bengkulu Terpapar Covid-19 Saat Melepas APD

Selalu waspada, apalagi bagi tim medis yang setiap saat mendampingi pasien Covid-19. Jika lengah sedikit, virus siap menyerang

HO/ELIES
Ilustrasi; Para tenaga medis di Kota Balikpapan Kalimantan Timur 

TRIBUNKALTIM.CO, BENGKULU - Selalu waspada, apalagi bagi tim medis yang setiap saat mendampingi pasien Covid-19. Jika lengah sedikit, virus siap menyerang. 

Seperti yang dialami para perawat di Bengkulu, terpapar saat istirahat dan melepas alat pelindung diri atau APD.

Tim Gugus Penanganan Covid-19 menyatakan 37 tenaga medis di Provinsi  Bengkulu terpapar corona. Sejauh ini, secara total jumlah warga terpapar Covid-19 mencapai 92 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menyebutkan, para tenaga medis terinfeksi virus Covid-19 terjadi saat mereka istirahat dan melepas alat pelindung diri ( APD ) seusai bertugas.

"Setelah dilakukan penelusuran kasus terpaparnya para medis diduga saat melepas APD, usai melayani pasien Covid-19 di ruang isolasi," ungkap Herwan, Senin (1/6/2020).

Untuk mengantisipasi peristiwa serupa, pihaknya telah melakukan pembagian zona kerja tenaga medis. Selain itu, tim medis yang sudah bertugas akan diisolasi selama 14 hari di tempat yang disiapkan pemerintah.

Baca juga; Terinspirasi dari Jawa Timur, Pemkab Berau Bakal Bentuk Desa Tangguh Cegah Penyebaran Covid-19

Baca juga; Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 Via Login ltmpt.ac.id Buka Hari Ini, Simak Aturan Cuma Bisa Ikut 1 Kali

Baca juga; Brimob Polda Kaltim Perketat Pengawasan, Hindari Penyerangan Kantor Polisi dari Orang tak Dikenal

"Usai diisolasi tim medis bisa kembali masuk melaksanakan tugasnya. Cara ini cukup efektif mampu menekan terpaparnya para Nakes," sebut Herwan. Ia melanjutkan, saat ini terdapat 14 tenaga medis dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Selain itu, terdapat 86 tenaga medis dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani isolasi mandiri dan uji swab. Mereka saat ini telah menjalankan tugasnya di fasilitas kesehatan yang tersebar di Provinsi Bengkulu.

Diketahui, saat ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu bertambah satu kasus positif covid-19, berjumlah 92 kasus dan 25 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "37 Tenaga Medis Bengkulu Terpapar Covid-19 Saat Istirahat dan Melepas APD"

Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved