News Video

NEWS VIDEO Antusiasme Pedagang Pasar Sangatta Selatan Jalani Rapid Test

Terdapat sebanyak total 400 undangan diperuntukan bagi pedagang pasar Sangatta Lama untuk melakukan pemeriksaan Rapid Test secara gratis ini.

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Kecamatan Sangatta Utara, Kutai Timur melaksanakan pemeriksaan Rapid Test kepada seluruh pedagang pasar Sangatta lama di UPT Puskesmas Sangatta Selatan.

Camat Sangatta Selatan, Hasdiah mengatakan terdapat sebanyak total 400 undangan diperuntukan bagi pedagang pasar Sangatta Lama untuk melakukan pemeriksaan Rapid Test secara gratis ini.

"Rapid test ini dikhususkan untuk pedagang pasar, kurang lebih 400 undangan yang kami sebar untuk mengikuti rapid test masal," ujar Hasdiah, Selasa (2/6/2020).

Tambahnya, jelang adanya New Normal, ia berharap dengan dilakukannya Rapid Test massal kepada pedagang nantinya bisa mengantisipasi penyebaran penyebaran virus Covid-19  yang ada di Pasar Sangatta Selatan.

“Yang kita tahu pasar adalah tempat yang berpotensi besar terhadap penyebaran Covid-19.” Ungkapnya.

"menjelang new normal ini, harapanya bagi seluruh pedagang ini yang ibaratnya nanti terinfeksi itu bisa kita pilah, jadi kedepannya lebih hati-hati lagi bagi pedangan dipasar, karena kita mau membatasi pedagang-pedagang itu tidak bisa," kata Hasdiah.

Ditempat yang sama, Kepala UPT. Puskesmas Sangatta Selatan, dr Eko Handoyo mengatakan pelaksanaan Rapid Test dalam menghadapi persiapan new normal.

Sebelumnya sudah diadakan untuk pungurus masjid sedangkan pada hari ini dikhususkan pedagang pasar Sangatta Lama.

Dirinya menyebut terdapat sebanyak 48 tenaga medis dikerahkan untuk pemeriksaan Rapid Test ini.

"Tim medis yang terlibat dari puskesmas Sangatta Selatan ada 19 orang, dari Dinas Kesehatan ada 9 orang, dibantu pihak Kecamatan dan staf desa ada 20 orang," sebutnya.

Sementara itu, terlihat antusiasme para pedagang Pasar yang akan melakukan pemeriksaan tersebut.

Salah satu pedagang bernama Kasan pedagang Baju, ia mengatakan senang bisa melakukan pemeriksaan, terlebih hal ini untuk kebaikan mayarakat juga.

"Semangat saya, bisa ngecek kesehatan ini, namanya pedagang kan kita sering kontak dengan pembeli kan, jadi harus melakukan Rapid test." (*)

IKUTI >> News Video

IKUTI >> News Video

Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved