Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Soal Banjir di Samarinda, Syafruddin Ajak Masyarakat Bijak Terhadap Lingkungan

“Dari kedua faktor tersebut maka faktor manusia yang paling menonjol. Sebab manusia cenderung tidak mau peduli dengan lingkungan.

HUMAS DPRD KALTIM
Syafruddin, Anggota Komisi III DPRD Kaltim 

SAMARINDA - Anggota Komisi III DPRD Kaltim Syafruddin mengajak masyarakat Kaltim untuk berperilaku bijak terhadap lingkungan. Ajakan tersebut disampaikan politisi PKB ini terkait kondisi banjir yang sering melanda beberapa wilayah di Kaltim khususnya di Samarinda.

Syafruddin menyebutkan, penyebab banjir dapat terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi. Antara lain faktor perilaku manusia, seperti merusak lingkungan dan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Juga membuang sampah sembarangan, menempati daerah catchment area (daerah tangkapan air) dengan mengeruknya, penambangan batubara yang tidak mengindahkan perbaikan lingkungan melalui reklamasi, serta banyaknya saluran drainase kota yang tidak terawat dengan baik.

Selain itu ada juga faktor alam, seperti pasang surut air laut, intensitas hujan yang tinggi, penyempitan dan pendangkalan sungai akibat sedimentasi yang tinggi.

“Dari kedua faktor tersebut maka faktor manusia yang paling menonjol. Sebab manusia cenderung tidak mau peduli dengan lingkungan. Untuk itu kami mengajak masyarakat agar dapat melindungi dan berperilaku bijak terhadap lingkungan,” ucapnya.

Selain imbauan kepada masyarakat, dia juga mengingatkan pemerintah untuk mencarikan solusi secara cepat dan tepat agar keadaan dan kondisi banjir yang sering melanda provinsi ini tidak semakin parah.

“Kami berharap ada solusi cepat, karena masalah banjir ini sangat mengganggu aktivitas masyarakat dalam menjalankan kegiatan ekonomi dan sosial. Selain itu perdagangan menjadi lumpuh, transportasi terhambat serta berbagai kegiatan masyarakat lainnya,” tambah Syafruddin. (advertorial/hms8)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved