Bangun Pabrik Padi di Babulu PPU, Kapasitas 5 Juta Ton Gabah/Tahun

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur akan membangun pabrik beras di Desa Sri Raharja, Kecamatan Babulu.

TRIBUNKALTIM.CO/ ARIS JONI
Assisten II Setkab PPU, Ahmad Usman 

TRIBUNKALTIM.CO,PENAJAM -Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur akan membangun pabrik beras di Desa Sri Raharja, Kecamatan Babulu.

Bahkan, Pemkab PPU telah membentuk naskah akademik dan dapat menjadi divisi baru bagi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Benuo Taka seperti Divisi Pertanian.

Hal tersebut diungkapkan Asisten II Setkab PPU, Ahmad Usman kepada pers, Rabu, (3/6/2020).

Dikatakan Usman, sebelum membangun pabrik beras tersebut, pihaknya tengah menyiapkan konsep, dimana dari divisi itu nantinya Pemkab PPU akan membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) beserta penyertaan modal dan diajukan ke DPRD untuk dikaji dan dibahas bersama.

Baca Juga

Banyak Lahan Padi Sawah Berubah jadi Kebun, Distanholtik Usul Raperda Perlindungan Lahan Pertanian

Gotong Royong Bangun Gedung SMA Filial Desa Kedang Ipil di November, Warga Sibuk Tanam Padi

Jumlah Petani dan Peladang Terus Berkurang, Pemkab Paser Bersyukur Masih Ada Masyarakat Menanam Padi

“Setelah pembahasan tersebut terlaksana dan ditemukan kesepakatan antara pihak legislatif dan eksekutif terkait pembangunan pabrik padi tersebut, barulah Raperda bisa dikukuhkan, dan Perumda Benuo Taka akan menerima tanggung jawab untuk mengelola perusahan tersebut,” jelasnya.

Terkait penyertaan modal ke DPRD ucap Usman, pihaknya akan melakukan konsultasi terlebih dahulu ke Bagian Hukum Setkab PPU untuk mengetahui apakah Raperda tersebut sudah siap diajukan dan menjadi skala prioritas.

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved